in

Ditemukan Klaster Baru, Wabup Kendal: RSDC Diaktifkan Lagi

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki.

 

HALO KENDAL – Akibat melonjaknya kasus Covid-19 dari perumahan Sarirejo Kaliwungu, ruang khusus untuk pasien Covid-19 di RSUD dr Soewondo Kendal, sejak Sabtu (11/6/2021) sebanyak 47 bed semuanya sudah terisi.

Berdasarkan laporan dari Puskesmas Kaliwungu, telah terjadi penularan Covid-19, setelah beberapa warga mengaku mengalami gejala sesak napas, bahkan satu orang meninggal bergejala dan belum sempat dites swab.

Selanjutnya ada tiga orang yang sudah dirawat di beberapa rumah sakit di luar daerah. Hal ini dikarenakan rumah sakit di Kendal penuh.

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki saat ditanya perihal sikap dari pemerintah daerah terkait hal ini mengatakan, untuk mengantisipasi bertambahnya pasien Covid-19, pihak Pemkab Kendal akan mengaktifkan Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC).

“Hal ini dikarenakan RSDC sebagai rumah sakit darurat yang berfungsi sebagai tempat isolasi dan menampung pasien Covid-19 yang bergejala ringan,” jelas Wabup, ditemui saat pembukaan pameran lukisan di BKR Kendal, Sabtu (12/6/2021).

Sehingga, lanjut Basuki, bisa mengurangi penumpukan pasien di rumah sakit.

“Untuk itulah RSDC disiapkan untuk isolasi pasien supaya kasus Covid-19 tidak semakin menyebar,” tandas Wakil Bupati Kendal.

Sementara itu, Plt Direktur RSUD dr Soewondo Kendal, dr Budi Mulyono membenarkan jika ruang khusus untuk pasien Covid-19 sudah penuh, akibat meningkatnya jumlah warga yang terpapar.

“Mengantisipasi kasus melonjaknya pasien Covid-19, pihak Pemkab Kendal telah melakukan langkah, yaitu berkoordinasi dengan semua Direktur rumah sakit dan owner,” terangnya.

Hasilnya ada tambahan 37 tempat tidur, masing-masing di RS Islam Kendal 30 tempat tidur dan RSUD Suwondo tujuh tempat tidur.

“Sedangkan dari rumah sakit Charly Hospital Boja, akan ada penambahan ruangan untuk Covid-19 untuk bantu warga Kendal,” pungkas dr Budi.(HS)

Share This

Hendi Tegaskan Kader PDI Perjuangan Harus Teladani Sikap Bung Karno

Minta Waktu untuk Membenahi The Gunners