in

Dita dan Anas, Siswa MAN 2 Bantul Juara Lomba Essay Nasional 2024

Dita dan Anas, siswa berprestasi dari MAN 1 Bantul. (Foto : kemenag.go.id)

 

HALO SEMARANG – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bantul, kembali meraih prestasi nasional.

Adalah Dita Ria Cahyaningsih (Kelas XII IPA 1) dan Muhammad Anas Mufid (Kelas XII IPS 1), keduanya meraih Juara I Lomba Essay Tingkat Nasional, pada Education Fair 2024, di Lombok, Januari 2024 silam.

Acara diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Nahdatul Wathon Mataram.

Kompetisi ini menarik perhatian banyak peserta dari seluruh Indonesia, bukan hanya siswa SMA/MA/sederajat pesertanya, tetapi juga dari kalangan mahasiswa.

Kepala Madrasah MAN 2 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati, mengatakan dalam kompetisi ini, dua siswanya mempersembahkan esai berjudul “Kirai Soap : Inovasi Sabun Alami Berbahan Dasar Rumput Teki dan Serai untuk Kesehatan Kulit”.

“Esai ini memaparkan proses pembuatan sabun alami yang ramah lingkungan dan menyehatkan kulit, menggunakan bahan-bahan lokal yang mudah ditemukan. Inovasi mereka mendapat apresiasi tinggi dari para juri berkat konsepnya yang kreatif dan aplikatif,” sebut Nur Hasanah, di Bantul, Jumat (17/5/2024), seperti dirilis kemenag.go.id.

Presentasi mereka mengenai Kirai Soap, menurut dia dapat memukau para juri, yang memberikan apresiasi tinggi atas konsep inovatif dan manfaat kesehatan yang diusung.

Menurut Nur Hasanah, Dita dan Anas dalam esainya menjelaskan proses pembuatan sabun dari rumput teki dan serai serta manfaat kesehatannya. Dijelaskan juga dampak positif penggunaan produk alami terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat

Dita dan Anas dikenal sebagai siswa berprestasi di MAN 2 Bantul. Keduanya aktif dalam beragam kegiatan Karya Ilmiah Remaja (KIR). Setiap tahun keduanya memberikan sumbangsih di dunia karya ilmiah dengan memenangkan kompetisi.

Beberapa kejuaraan yang diikuti Dita dan Anas, antara lain: Juara 2 Lomba Essai Nasional Tingkat SMA/MA/Sederajat PETA SMANIDHA3, Juara I LKTIN History Fair 2023 Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jambi, Juara 3 Lomba Menulis Kisah Inspiratif Tingkat Nasional Tahun 2022 Universitas BSI, Juara 1 MKTIQ Tingkat Nasional Tahun 2021 Tafsir Got Talent HMJ IAT UIN Sunan Gunung Jati Bandung dan lain-lain.

Di kelas, Dita dan Anas juga berprestasi. Dita meraih peringkat 1 untuk jurusan IPA, sedang Anas meraih peringkat 2 untuk jurusan IPS.

“Dita dan Anas adalah contoh teladan bagi kita semua. Mereka telah menunjukkan bahwa dengan kerja keras dan kreativitas, kita dapat mencapai prestasi yang luar biasa. Semoga pencapaian mereka ini dapat menginspirasi siswa-siswa lain untuk terus berprestasi dan berinovasi,” ungkap Atik, sapaan akrabnya.

Prestasi ini tidak hanya membanggakan bagi Dita dan Anas, tetapi juga bagi seluruh keluarga besar MAN 2 Bantul.

Dita dan Anas diharapkan dapat terus mengembangkan potensi mereka dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

“Selamat kepada Dita Ria Cahyaningsih dan Muhammad Anas Mufid atas prestasi gemilang ini. Semoga keberhasilan kalian menjadi awal dari berbagai pencapaian lainnya di masa depan,” tutupnya. (HS-08)

Sudah Punya Opsi jika Terbuang dari Ducati

Waspadai MERS-CoV, Jemaah Haji Mesti Hindari Kontak dengan Unta