in

Distributor Pupuk Bersubsidi di Brebes Diawasi Sidia

Launching dan pembukaan sosialisasi aplikasi Sidia, di salah satu rumah makan Wanasari, belum lama. (Foto : Brebeskab.go.id)

 

HALO BREBES – Pemkab Brebes saat ini, memiliki sistem untuk memantau ketersediaan pupuk bersubsidi di wilayahnya. Cukup dengan mengklik aplikasi Sistem Informasi Persediaan (Sidia), masyarakat dapat mengetahui dan melaporkan, ketersediaan pupuk bersubsidi di Kabupaten Brebes.

Sistem berbasis teknologi digital ini, mampu menangani dan mengolah data persediaan pupuk bersubsidi. Sehingga kalau ada distributor “nakal”, langsung bisa diketahui. Dengan demikian,  aplikasi ini juga bisa menjadi salah satu cara pengawasan pupuk bersubsidi di tingkat distributor hingga ke agen dan pengecer.

Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dra Tety Yuliana MPd, saat me-launching dan membuka sosialisasi Sidia, di salah satu rumah makan Wanasari, belum lama.

Selain untuk mengetahui persediaan, lanjut Tety, aplikasi Sidia juga untuk mengetahui percepatan informasi persediaan pupuk bersubsidi di masing-masing penyalur secara realtime.

“Dengan Sidia, akan mempermudah dalam pembinaan dan pemantauan penyaluran pupuk bersubsidi di Kabupaten Brebes,” kata dia, seperti dirilis Brebeskab.go.id.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Brebes, Hj Farikha menjelaskan aplikasi Sidia,  berbasis web, merupakan media pelaporan distribusi pupuk bersubsidi, yang dapat diakses melalui jaringan Internet.

Sistem ini dikembangkan Bagian Perekonomian Setda Brebes, sebagai salah satu tupoksi dalam pelaksanaan tugas dalam upaya membantu petani dan kesejahteraan masyarakat Brebes.

Usai peluncuran, peserta mengikuti sosialisasi cara penggunggunaan aplikasi Sidia. Tampak mengikuti sosialisasi antara lain Kepala Bidang Perdagangan Dinkopumdag Kabupaten Brebes, Kepala Bidang Sarana Prasarana Pertanian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Para Produsen dan Distributor Pupuk Bersubsidi Se-Kabupaten Brebes, serta seluruh Pegawai di Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Brebes.

Sosialisasi diawali dengan penampilan video tutorial penggunaan aplikasi Sidia, mulai dari login, tata cara pengisian data, dan output atau informasi dari aplikasi Sidia.

Kepala Subbagian Pengendalian dan Distribusi Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Brebes Rosyidah menjelaskan, sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman secara utuh mengenai penggunaan maupun pengoperasian aplikasi Sidia. Sehingga dapat berguna dalam proses pelaporan distribusi pupuk bersubsidi dari distributor se-Kabupaten Brebes.

Selanjutnya, dilakukan uji coba sistem aplikasi Sidia untuk menemukan permasalahan berkaitan dengan aplikasi beserta masukan-masukan lain agar dapat diinformasikan ke Bagian Perekonomian dan Tim IT Setda Brebes. (HS-08)

Share This

Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Desanya, Ini Yang Dilakukan Pemerintah Desa Cepiring

Kemenag Tegaskan Tak Ada Penyelewengan Dana Haji