in

Disporapar Kendal Kembali Gelar Kejuaraan Atletik Terbuka ‘Bahurekso Cup’

Kegiatan Temu Teknik Kejuaraan Atletik Terbuka Bahurekso Cup X Tahun 2023, yang dihadiri atlet, pelatih, official maupun pengurus dari berbagai daerah di SMP Negeri 1 Kendal, Kamis sore (12/10/2023).

HALO KENDAL – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal kembali menggelar Kejuaraan Atletik Terbuka Bahurekso Cup ke-10 Tahun 2023, di Stadion Utama Kendal, Jumat – Sabtu (13-14/10/2023).

Acara diikuti 525 peserta dari 72 klub dari sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, dengan mempertandingkan 70 nomor, baik putra maupun putri di cabang olahraga atletik.

Adapun atlet yang mengikuti kejuaraaan di antaranya datang dari Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga, Demak, Kudus, Pati, Jepara, Blora, Magelang, Banjarnegara, Surakarta, Karanganyar, Sukoharjo, Batang, Pekalongan, Pemalang dan dari tuan rumah Kendal. Selain itu juga ada peserta dari Sleman.

Diharapkan, dengan digelarnya kejuaraan atletik terbuka, para atlet dapat meraih prestasi terbaik dan memiliki semangat yang tinggi.

Di sisi lain, kegiatan juga menjadi ajang reuni akbar, silaturahmi, sekaligus ruang untuk saling menguatkan satu sama lain, sehingga harmonisasi keakraban dan persaudaraan tetap terjalin dengan baik, tanpa mengesampingkan semangat untuk berkompetisi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disporapar Kendal, Achmad Ircham Chalid saat sambutan pembukaan kegiatan Temu Teknik di SMP Negeri 1 Kendal, Kamis sore (12/10/2023) yang dihadiri atlet, pelatih, official maupun pengurus dari berbagai daerah.

“Selamat datang para atlet, pelatih, official dan pengurus cabor atletik dari berbagai daerah yang akan mengikuti Kejuaraan Atletik Terbuka di Kabupaten Kendal. Mohon maaf kalau di tempat kami banyak kekurangan, karena saat ini memang dalam proses pembangunan GOR dan Youth Center, sehingga nanti dalam pelaksanaan sedikit terganggu,” ujarnya.

Pada kesempatan terserbut, Ircham juga menyampaikan, di beberapa wilayah di Kendal saat ini sedang dilakukan pengembangan sport tourism. Sehingga kepada para atlet, apabila ada waktu bisa menikmati beberapa objek wisata maupun kuliner yang ada di Kendal.

“Monggo kepada para atlet dari luar daerah Kabupaten Kendal, panjenengan bisa menikmati objek wisata dan kuliner khas Kendal,” ucapnya, didampingi Kabid Olahraga Disporapar Kendal, Zen Yukri Iswandaru.

Sebagai penutup sekaligus membuka Kejuaraan Atletik Terbuka Bahurekso Cup X Tahun 2023, Ircham berpesan kepada seluruh atlet, pelatih, official dan pengurus, untuk dapat bertanding dengan menjunjung tinggi sportifitas.

“Juara penting, medali penting, tapi itu bukan segala-galanya. Karena kejujuran dan sportifitas itu yang utama. Selamat bertanding, sukses semuanya, semoga menjadi juara yang selalu happy, gembira, dan sehat semua,” pesannya.

Sementara itu, Pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kendal, yang juga sekaligus Wakil Ketua KONI Kendal, Joko Pranawa Adi menambahkan, kejuaraan atletik terbuka sudah digelar sepuluh kali di Kendal.

“Tentunya untuk menuju angka sepuluh, PASI Kendal telah melakukan berbagai langkah dan inovasi. Semoga ke depan penyelenggaraan Bahurekso Cup ini semakin bagus, dan dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan,” ungkapnya.

Adi juga meminta, acara temu teknik bukan sebagai ajang untuk saling menjegal, tapi untuk saling bersilaturahmi dan saling membangun.

“Karena pada hakekatnya, temu teknik adalah forum diskusi untuk mencari kesepakatan, yang akan kita terapkan dalam pertandingan-pertandingan besok dan lusa,” ungkapnya.

Adapun nomor yang dipertandingkan di antaranya, lari, lari gawang, jalan cepat, lompat jauh, lompat tinggi, lompat jangkit, lempar cakram, lempar lembing dan tolak peluru. Untuk peserta usia 9 – 17 tahun.

Panitia pelaksana, Bambang Jati Pamungkas dan Mahbub Setiawan menjelaskan, bagi atlet peraih juara, peringkat dua, dan tiga di setiap nomor perlombaan akan diberikan piagam penghargaan.

“Sedangkan untuk kontingen yang berhasil meraih juara umum mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 5 juta, untuk peraih peringkat umum kedua Rp 4 juta, dan peraih peringkat umum ketiga Rp 3 juta,” beber Bambang.(HS)

Audiensi dengan Jajaran Kodim 0733/BS, MPC PP Kota Semarang Siap Jadi Garda Terdepan Membangun Kota

Minibus Ludes Terbakar di SPBU Caruban Kendal