in

Disporapar Boyolali Gelar Pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner

Kepala Disporapar Kabupaten Boyolali, Budi Prasetyaningsih, (kedua dari kanan) bersama para peserta pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner. Senin (30/10/2023). (Foto : boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali, kembali menggelar pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner.

Kegiatan pelatihan tersebut, diselenggarakan di Bungalow Kecamatan Selo, pada Senin (30/10/2023), dengan peserta sebanyak 40 orang.

Kepala Disporapar Kabupaten Boyolali, Budi Prasetyaningsih, menjelaskan sebanyak 40 orang pengelola desa wisata, mengikuti pelatihan yang dilaksanakan selama empat hari, yakni Senin (30/10/2023) hingga Kamis (2/11/2023).

Pelatihan dibagi menjadi dua hari pemberian materi teori yang dilakukan di Bungalow, dan dua hari dilaksanakan kegiatan orientasi lapangan (OL) di Kabupaten Purworejo.

“Jadi masing masing desa wisata kuliner, harus ada memahami pentingnya inovasi. Inovasi kuliner yang ada di masing masing desa wisata harus mempunyai kekhasan,” katanya.

Dia berharap, para peserta akan memiliki kemampuan dan daya saing dengan inovasi masing masing desa wisata.

“karena sekarang kuliner harus mempunyai inovasi sehingga mempunyai daya saing dengan kuliner kuliner yang lain. Jadi satu daerah itu punya satu khas dan tidak sama semuanya. Kemudian menggunakan produk produk alam yang ada di desa wisata tersebut,” jelasnya.

Salah satu peserta dari Desa Paras, Kecamatan Cepogo, Winarsih mengungkapkan bahwa dia senang bisa mengikuti pelatihan.

“Menambah wawasan dan kita bisa berinovasi dengan produk produk makanan jadi kita bisa memiliki nilai jual. Kita inovasi jadi makanan yang bisa bernilai ekonomi. Alhamdulillah senang banget untuk kita semua pelaku UMKM,” terangnya singkat.

Terdapat empat narasumber yang memberikan materi pelatihan tersebut. Keempat narasumber tersebut yakni Gana Wuntu dari Stiepari Semarang, Erna Wigati dari UNS Surakarta, Bambang Riyanto dan Chef Mulyono. (HS-08)

Lima Komisioner KPU Blora Periode 2023-2028 Resmi Dilantik

Resmikan Posko Relawan Laskar Pagi di Gunawarman, Prabowo: Siapa Pun Boleh Datang