in

Disperkim Bakal Bangun Tandon Air dan Sumur di Sejumlah Taman Kota Semarang

Taman Kota Tugumuda Semarang terlihat indah dan asri.

HALO SEMARANG – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang bakal membangun tandon air dan sumur di sejumlah taman kota. Sebab, musim kemarau panjang membuat banyak tanaman hias yang ditanam di taman maupun median jalan untuk peneduh jalan, kondisinya mengering dan akhirnya mati.

Sekretaris Disperkim Kota Semarang, Murni Ediati menjelaskan, pihaknya sudah memprogramkan pemasangan tandon air dan membangun sumur di beberapa taman kota. Kemudian akan disambungkan dengan menggunakan siraman otomatis.

“Misalnya yang kami sudah lakukan di taman kota atau Tugu Muda, agar ketika musim kemarau seperti sekarang ini tanaman hias akan tetap hidup dan hijau tumbuh dengan baik,” terangnya, Rabu (18/10/2023).

Dengan pembangunan tandon dan sumur di taman kota ini nantinya, harapannya bisa mengurangi tanaman yang mengalami kekeringan.

“Memang perlu penambahan armada truk operasional penyiraman, karena banyak titik yang harus dilakukan perawatan dan penyiraman. Biasanya penyiraman dilakukan dua kali dalam sehari, ternyata saat musim kemarau dan suhu sangat panas ini tidak cukup, dan banyak yang mengering,” imbuhnya.

Dilanjutkan Pipie, sapaan akrabnya, taman kota yang dilengkapi sumur dan tandon air akan diisi satu pekan sekali.

“Jadi armada truk, tidak perlu ke pusat kota, namun bisa mengcover taman kota lainnya yang berada di wilayah pinggiran. Yang di pusat kota, sistemnya memakai penyiraman otomatis yang bisa diatur waktunya sesuai kebutuhan agar tanah tetap basah dan tanaman tumbuh optimal,” pungkasnya. (HS-06)

 

 

Hingga Kuartal III 2023, Generali Indonesia Bayarkan Klaim Sebesar Rp 859,9 Miliar

Per September 2023, Bank Jateng Cetak Laba Rp1,5 Triliun