in

Diskominfo Cilacap Minta KIM Graha Warta Aktif Lawan Hoax

Anggota dan pengurus KIM Graha Warta Desa Pucung Kidul, Kecamatan Kroya berfoto bersama, setelah pembentukan organisasi itu. (Foto : cilacapkab.go.id)

 

HALO CILACAP – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Graha Warta, Desa Pucung Kidul, Kecamatan Kroya, diharapkan dapat ikut melawan berita Howe, dan menyebarluaskan informasi yang benar.

Harapan itu disampaikan Sekretaris Desa Pucung Kidul, Jarwanto, dalam sosialisasi dan pembentukan KIM di Balai Desa Pucung Kidul, Kecamatan Kroya, Rabu (3/8/2022), yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). KIM tersebut, menurut dia dibentuk untuk mewujudkan masyarakat yang dinamis, sebagai dasar terbentuknya masyarakat madani, berlandaskan Pancasila.

“Semoga dengan terbentuknya KIM di Desa Pucung Kidul ini, informasi-informasi yang sifatnya membangun dan berdampak baik bagi masyarakat dapat disebarluaskan dengan baik,” kata Jarwanto, seperti dirilis cilacapkab.go.id.

Analis Kebijakan Ahli Muda selaku Subkoordinator Pengelolaan Media Informasi dan Persandian Diskominfo, Arin Nastuti menjelaskan tugas KIM yakni mewujudkan masyarakat yang dinamis, peduli dan peka terhadap arus informasi.

Selain itu juga memberdayakan masyarakat, agar memiliki kecerdasan dalam mencerna, memilih dan memilah informasi yang menjadi kebutuhannya untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

KIM juga sebagai katalisator dan dinamisator dalam memelihara dan meningkatkan semangat kegotongroyongan dan kebersamaan dalam masyarakat.

“Dengan tugas-tugas yang harus dijalankan tersebut, maka dibutuhkan pribadi yang mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan, memiliki integritas yang tinggi, kepekaan sosial, memiliki persaudaraan yang kuat dan tidak profit oriented,” ungkap Arin.

Ia juga mengingatkan agar nantinya KIM juga mampu melawan berita hoax yang seringkali beredar luas di masyararakat. Untuk menghindari berita hoax, Arin mengimbau untuk mengecek sumber informasinya terlebih dahulu.

“Pastikan informasinya berasal dari sumber berita yang kredibel. Selanjutnya berbagi informasi dengan orang lain, tidak mudah terprovokasi, membandingkan informasi yang kita terima dengan sumber berita yang lain dan memperbanyak referensi sehingga dapat memperkaya pengetahuan kita,” lanjutnya.

KIM Desa Pucung Kidul telah dibentuk dengan nama KIM Graha Warta yang diketuai oleh Jarwanto, Wakil Ketua Julianto, Sekretaris Tasikin, dan Bendahara Joni Marsono.

Terdapat empat seksi dalam organisasi itu, yakni Seksi Organisasi dan Peningkatan SDM dipimpin oleh Yuswanto, Seksi Pengelolaan dan Akses Informasi oleh Hendro Susilo, Seksi Pelayanan dan Diseminasi Informasi Agus Toni, Seksi Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Turiman. Masing-masing seksi dibantu oleh empat anggota. (HS-08)

Jaga Ketahanan Pangan, Danrem 073 Makutarama Tanam Jagung Bareng Bupati Grobogan

Dinkopukm Purbalingga Fasilitasi UMKM Masuk Grab Food