Disinggung Karena Bupati Tak Hadir di Pelantikan Pengurus GP Ansor Kendal, Ini Tanggapan Pemkab Kendal

Prosesi pelantikan Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Kendal masa 2020-2024, yang dilantik secara virtual oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, di Gedung Paripurna DPRD Kendal, Minggu (26/7/2020).

 

HALO SEMARANG – Pemkab Kendal memberi jawaban terkait tak hadirnya Bupati dalam pelantikan Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Kendal masa 2020-2024, di Gedung Paripurna DPRD Kendal, Minggu (26/7/2020).

Acara pelantikan secara virtual oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas itu, memang dihadiri beberapa pengurus GP Ansor dari tingkat kabupaten maupun provinsi.

Meskipun tak bisa menghadiri pelantikan, Bupati Kendal melalui Kepala Bagian Kesejahteraan Pemerintah Kabupaten Kendal Fahrurrozi mengucapkan selamat kepada para pengurus PC GP Ansor Kendal periode 2020-2024 yang baru saja dilantik.

“Bupati mengucapkan selamat dan semoga dengan kepengurusan yang baru lebih membawa manfaat khususnya untuk Kendal dan umumnya untuk seluruh Indonesia,” katanya.

Dikatakan, pada masa sekarang ini merupakan masa yang memprihatinkan, pasalnya pandemi Covid-19 belum juga menampakkan tanda-tanda berakhir. Bahkan di Kendal saat ini yang positif Covid-19 sudah mendekati angka 200.

Dengan kondisi demikian, dia menyampaikan bahwa Pemkab Kendal berharap kepada seluruh anggota dan pengurus Ansor untuk turut serta mensosialisasikan keadaan tersebut kepada masyarakat, sekaligus mensosialisasikan pentingnya menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan di tatanan hidup baru.

Sebagai informasi, Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Kendal masa 2020-2024, dilantik secara virtual oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, di Gedung Paripurna DPRD Kendal, Minggu (26/7/2020).

Acara juga dihadiri Kabag Kesra, Fahrurrozi mewakili Bupati Kendal, Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, Sholahudin Aly, dan Dewan Penasihat PC GP Ansor Kendal, Muhammad Ulil Amri.

Turut hadir dalam acara tersebut, Tino Indra Wardono selaku wakil ketua PW Ansor Jateng dan juga tamu undangan dari organisasi kepemudaan dan para pengurus serta kader Ansor se-Kabupaten Kendal.

Dalam sambutannya, Ketua Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, Sholahuddin Aly sempat menanyakan ketidak hadiran Bupati Kendal dalam pelantikan pengurus PC GP Ansor Kendal ini.

“Ini kan momentum penting kok tidak hadir, ada apa ini? Apa karena ada Kang Makmun (Ketua DPRD Kendal-red), apa karena ada Mas Tino atau karena tidak butuh lagi dengan Ansor,” ujarnya berseloroh.

Menurutnya, dengan munculnya beberapa kader Ansor, yang mengajukan diri untuk maju dalam dalm pilkada tahun ini, Gus Sholah sapaan akrabnya mengaku bahwa hal tersebut menjadi sebuah kebanggaan bagi Ansor.

“Banyak kader yang mengajukan diri untuk maju di Pilkada 2020, setidaknya itu tersimpan sebuah pengakuan dari masyarakat. Itu hak mereka, karena Ansor dalam hal ini bersikap netral tidak mau terlibat dalam politik,” tandasnya.

Dirinya berharap di Pilkada Kendal ada salah satu kader yang jadi, namun dia menegaskan bahwa, Ansor itu bukan partai yang secara organisasi tidak bisa terlibat langsung dalam perpolitikan.

“Saya juga berharap ke depan pengurus yang baru dilantik tetap fokus kepada khidmat berorganisasi dan pemberdayaan masyarakat bersama seluruh komponen untuk membangun Kendal. Jangan sampai Ansor terpecah gara-gara urusan Pilkada,” harapnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.