Dishub Uji Coba Traffic Light Taman Madukoro

Petugas Dishub Kota Semarang dan jajaran Satlantas Polrestabes mengatur arus lalu lintas saat uji coba traffic light di Kawasan Taman Madukoro, Jumat (12/3/2021).

 

HALO SEMARANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang dan jajaran Satlantas Poltestabes Semarang, Jumat (12/3/2021) menggelar uji coba traffic light atau lampu lalu lintas di Bundaran Taman Madukoro, Semarang.

Dari pantauan, uji coba dilaksanakan pukul 14.00 WIB. Petugas Dishub dan jajaran Satlantas mulai mengatur arus lalu lintas sekitar SPBU Jenderal Soedirman dan sebelum tikungan menuju Jalan Madukoro dan Banjir Kanal Barat (BKB).

Saat berlangsungnya uji coba, petugas Dikyasa Dishub memasang rambu pembatas jalan sementara, untuk memisahkan kendaraan dari Jalan Soegiyopranoto yang akan lurus atau membelok arah menuju Jenderal Soedirman, atau memutar ke Jalan Madukoro.

Meski sudah ada rambu pembatas tersebut, masih sempat terjadi antrean kendaraan cukup panjang di sekitar Banjirkanal Barat.

Atrean panjang kendaraan ini, karena kendaraan memperlambat kecepatannya menunggu kendaraan di depannya yang harus berhenti terkena lampu merah.

Sedangkan dari arah barat ke timur, di depan SPBU Jenderal Soedirman hingga sore terpantau arus kendaraan masih ramai lancar. Sejumlah petugas dari jajaran Satlantas dan petugas Dishub terlihat mengatur arus lalu lintas di kawasan Taman Madukoro agar arus tetap lancar.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Endro P Martanto mengatakan, pemberlakuan traffic light atau lampu lalu lintas di Kawasan Taman Madukoro, mulai diuji coba Jumat (12/3/2021).

Dalam uji coba ini, pihaknya mengatur lamanya waktu dua unit traffic light dengan waktu berbeda.

Yakni untuk durasi waktunya di traffic light tikungan menuju Jalan Madukoro atau Banjir Kanal Barat, lampu hijau durasinya lebih lama selama 60 detik. Sedangkan lampu hijau di depan SPBU Jenderal Soedirman selama hanya selama 40 menit.

“Sengaja, waktunya berbeda dari arah barat ke timur dibuat lebih lama, agar kendaraan bisa lancar mengalir terus. Semoga arus lalu lintas di kawasan Taman Madukoro ini menjadi lancar. Apalagi nantinya Jalan Madukoro akan menjadi prioritas menuju Bandara Ahmad Yani Semarang. Jalan ini jadi koneksi yang menghubungkan langsung ke fly over baru, menuju Bandara Ahmad Yani Semarang,” terangnya.

“Dan wajar kalau dalam uji coba traffic light Taman Madukoro ini, banyak pengendara yang belum tahu jika hari ini lampu lalu lintas mulai diaktifkan dan berfungsi. Mereka yang akan belok ke Jalan Madukoro, banyak yang mengambil jalur lurus seperti belum ada traffic light,” imbuhnya.

Rencananya, kata Endro, setiap hari akan dilakukan evaluasi.

“Setelah ada uji coba, traffic light ini akan berlaku seperti lampu lalu lintas lainnya. Tapi pelaksanaannya akan terus dievaluasi bersama dengan jajaran Satlantas Polrestabes,” katanya.

Sementara itu, AKP Rina Rustriani, Kanit Dikyasa Satlantas Polrestabes Semarang mengatakan, pihaknya akan terus memantau setiap hari, terutama saat jam-jam padat kendaraan, yakni pagi dan sore hari.

“Nanti akan ada sekitar 10 personel untuk mengatur arus lalu lintas di sini. Kalau ada kemacetan saat uji coba, harap dimaklumi karena pengendara banyak yang belum mengetahui traffic light yang sudah berfungsi. Nantinya, adanya traffic light baru di Taman Madukoro ini kami juga akan sosialisasikan melalui media sosial,” pungkasnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.