Dishub Kota Semarang: Kendaraan dari Luar Kota Akan Dipantau Petugas

Foto ilustrasi: Jalan Pandanaran Kota Semarang.

 

HALO SEMARANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang akan melakukan pantauan kendaraan mudik yang berada di dalam kota Semarang, terutama dengan nomor kendaraan dari luar kota.

Hal itu terkait adanya pemberlakuan larangan mudik Lebaran tahun 2021 atau 1442 H dari Pemerintah Pusat pada 6-17 Mei 2021 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Endro P Martanto mengatakan, terkait penyekatan kendaraan dengan nomor polisi luar kota, hanya dilakukan di batas antarprovinsi saja.

Seperti perbatasan wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat, penyekatan kendaraan mudik ada di Brebes. Sedangkan Jatim dan Jateng penyekatan ada di Rembang dan Sragen maupun di perbatasan wilayah Jateng dan DIY serta provinsi lainnya.

“Sedangkan untuk wilayah kabupaten/kota yang masih dalam satu Provinsi Jateng tidak ada penyekatan kendaraan mudik. Karena masih termasuk wilayah aglomerasi itu,” ujarnya, Selasa (13/4/2021).

Untuk kendaraan yang masih boleh melakukan perjalanan, kata dia, berasal di dalam wilayah provinsi Jawa Tengah.

“Misalnya dari Kendal ke Demak dan sebaliknya atau Purwodadi ke Semarang dan sebaliknya, masih bisa melanjutkan perjalanan,” terangnya.

Kebijakan ini, kata dia, berbeda dengan PPKM sebelumnya, di mana adanya penyekatan di perbatasan Kota Semarang bagi kendaraan yang akan mudik.

“Dan kali ini, kami akan lebih banyak melakukan pengawasan kendaraan mudik di dalam kota Semarang. Yakni rencananya akan mendirikan pos pantau di sekitar Tugu Muda atau di kawasan Simpanglima,” imbuhnya.

Pantauan kendaraan mudik ini, kata dia, akan berlaku efektif pada awal Mei 2021. “Baik itu pantauan petugas secara dinamis dengan melakukan patroli keliling atau pantauan secara statis di pos pantau tersebut,” imbuhnya.

Sedangkan untuk penyekatan kendaraan mudik dari luar wilayah Jateng, sudah dilakukan lebih awal dari petugas Polda Jateng, di perbatasan provinsi.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.