in

Disdik Siapkan PPDB Tahun Ajaran Baru Akhir Juni 2021

Kepala Dinas Pendidikan, Gunawan Saptogiri.

 

HALO SEMARANG – Penerimaan siswa baru dari tingkat TK sampai SMP dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) Kota Semarang akan segera dibuka pada akhir Juni 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Gunawan Saptogiri menyampaikan, ada sedikit perbedaan pada PPDB 2021 yakni ada masa pra pendaftaran.

Di masa pra pendaftaran, sekolah, orang tua, maupun calon peserta didik bisa mengecek kebenaran data sekaligus melakukan perbaikan lewat sekolah.

Dengan demikian, saat pendaftaran dibuka diharapkan sudah tidak ada lagi persoalan kekeliruan atau ketidaklengkapan data yang bisa membuat tidak diterimanya peserta didik.

Pasalnya, data telah terkoneksi e-rapot, aplikasi sang juara, data Dispendukcapil mengenai kependudukan, dna Dinas Sosial mengenai warga miskin.

“Supaya tidak banyak komplain dan keluhan, di pra pendaftaran nanti bisa cek data. Misal saya sertifikat juara belum masuk, ada masalah kependudukan, itu bisa dikoreksi,” terang Gunawan, baru-baru ini.

Kemudian, Disdik juga memberikan privilege atau hak istimewa bagi calon peserta didik yang memiliki prestasi berjenjang baik di tingkat nasional maupun internasional. Mereka mendapat privilege diperbolehkan memilih sekolah di luar zonasi.

“Untuk juara berjenjang baik internasional maupun nasional, silakan pilih di luar zonasi diperbolehkan. Mau pilih SMP di mana pun silakan,” ujarnya.

Gunawan menambahkan, Disdik telah melakukan rapat internal maupun eksternal dengan melibatkan berbagai pihak, antara lain dewan pendidikan, akademisi, MKKS, K3S, Ombudsman, dan DPRD.

Bahkan pihaknya telah didatangi tim inspektorat Kementrian Pendidikan untuk pengecekan PPDB. Termasuk, mengecek kekuatan server dan sumber daya manusia (SDM) mengingat PPDB tahun ini masih dilakukan secara online.

Menurutnya, persiapan PPDB 2021 sudah 100 persen. Pihaknya tinggal menunggu peraturan wali kota dan peraturan kepala dinas. Draft dua regulasi itu telah masuk di Bagian Hukum untuk dikaji dan nantinya disahkan sekaligus diketahui wali kota.

Publikasi di website PPDB akan dilakukan setelah perwal terbit. Mengenai jadwal, pihaknya telah menentukan mulai dari pra pendaftaran hingga hari pertama masuk ajaran baru.

Jadwal untuk jenjang TK dan SD diawali prapendaftaran mulai 13-18 Juni 2021, pendaftaran 26-29 Juni 2021, analisis dan pemeringkatan 30 Jun-1 Juli 2021, pengumuman online dan ditempel di satuan pendidikan pada 2 Juli 2021, dan daftar ulang mulai 2-5 Juli 2021.

Sedangkan untuk jenjang SMP, prapendaftaran mulai 20-25 Juni 2021, pendaftaran online 27-30 Juni 2021, analisis dan pemeringkatan 1-2 Juli 2021, pengumumuan online dan ditempel di satuan pendidikan 3 Juli 2021, daftar ulang 3-6 Juli 2021.

“Hari pertama masuk sekolah pada 12 Juli 2021,” pungkasnya.(HS)

Share This

USM Sosialisasikan Penanganan Pasacapanen Buah Pisang Bagi Kelompok Tani Di Kecamatan Semarang Barat

Perjuangan Penyandang Disabilitas, Memilih Membengkel Untuk Hidup Mandiri