in

Disdag: Lapak Pedagang Diundi Secara Online, 25 September Pedagang Johar Bisa Pindahan

Bangunan Pasar Johar Cagar Budaya pada September 2021 ini mulai ditempati pedagang.

 

HALO SEMARANG – Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Semarang melakukan pengundian pedagang yang akan dipindah ke kawasan Johar Baru.
Adapun acara pengundian lapak pedagang ini dilakukan secara simbolis di Balai Kota Semarang, Jumat (24/9/2021) dan bisa disaksikan secara online melalui YouTube Pemkot Semarang.

Kepala Disdag Kota Semarang, Fravarta Sadman menjelaskan, pengundian dilakukan secara online dengan asas keadilan dan transparan. Total ada 3.802 pedagang yang terverifikasi dan akan menempati Johar Utara, Tengah, serta Kanjengan.

“Hari ini selesai (pengundian,red) Johar Tengah, Utara dan Selatan bisa ditempati,” katanya, Jumat (24/9/2021).

Ia menjelaskan setelah diundi, pedagang akan mendapatkan notifikasi melalui handphone masing-masing yang berisi nomor lapak, dan bangunan yang nantinya ditempati pedagang mulai Sabtu (25/9/2021) besok.

“Kalau dapatnya Tengah, Utara, dan Kanjengan bisa langsung ditempati besok,” paparnya.

Disdag, kata dia, juga telah menetapkan zonasi pedagang, untuk Kanjengan ada 15 zona, yakni aksesori, barang pecah belah, hasil bumi kering, sembako, gerabah dan lainnya.

Sementara untuk Johar Tengah ada 17 zona, seperti konveksi, dagangan kering, aksesori, dan juga barang pecah belah. Untuk Johar Utara ada 10 zona yang hampir sama dengan Johar Tengah.

“Kita siapkan petugas di lapangan untuk membantu pemindahan pedagang, Satpol-PP juga kita ajak untuk membantu pindahan pedagang jika mereka butuh armada,” ucapnya.

Ketika melakukan pendaftaran di aplikasi E- Pandawa kata dia, pedagang juga sudah melakukan klasifikasi dagangan. Tujuannya untuk mempermudah teknis pengundian lapak yang ditempati pedagang.  Fravarta menegaskan jika dalam pemindahan, diutamakan pedagang lama.

“Kita utamakan pedagang lama, nanti kalau semua sudah tertata dan ada sisa, baru kita rapatkan lagi. Nanti juga ada pendaftaran lagi tahap kedua, ini masih diutamakan pedagang lama yang kemarin tertinggal,” kata dia.

Sementara untuk pedagang yang mendapatkan undian di Johar Selatan atapun Shopping Center Johar (SCJ), nantinya akan dilakukan pengundian nomor lapak jika bangunan, sarana dan prasarana di tempat tersebut sudah siap.

“Untuk Johar Selatan dan SCJ juga kita undi, tapi notifnya hanya dapat tempat dulu. Nanti kalau sudah ditata akan ada pengundian nomor lapak,” katanya.

Khusus pedagang yang menempati Johar Utara dan Tengah, kata dia, akan ada aturan yang ketat misal dilarang memaku ataupun menambah bangunan seperti dulunya.(HS)

 

Share This

Kemenag Dorong Dibentuknya FKUB Pusat

Angka Kecelakaan Usia Produktif Tinggi, Rendahnya Keselamatan Transportasi