in

Disbudpar Kota Semarang: Bioskop Mulai Ajukan Izin Operasional

Foto ilustrasi bioskop.

 

HALO SEMARANG – Sejumlah bioskop di Kota Semarang mulai mengajukan izin operasional. Sesuai aturan Pemerintah dalam Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 ini, industri wisata dan hiburan boleh kambali beroperasi, termasuk gedung bioskop.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indriyasari mengatakan sudah ada sejumlah pengelola bioskop yang mengajukan perizinan ke manajemen pusat untuk kembali buka. “Pengelola di Semarang ini sedang mengajukan izin ke pemerintah pusat, mungkin saja dalam waktu dekat bisa sudah buka,” katanya, Minggu (5/9/2021).

Iin begitu ia disapa menjelaskan, untuk kembali membuka gedung bioskop, pengelola memang membutuhkan waktu yang cukup panjang. Termasuk dalam ketersdiaan film yang akan diputar.

“Pembukaan bioskop itu prosesnya cukup panjang, dari pihak pengelola bioskop ini sudah mengajukan perizinan ke pusat dan di Indonesia sendiri yang sudah diizinkan untuk buka baru di Jawa Tengah yakni di Kota Semarang dan Pekalongan,” jelasnya.

Pemkot Semarang, kata dia, sudah memberikan sinyal baik dan sinyal hijau untuk buka kembali. Menurutnya, setelah perizinan dari pemerintah pusat rampung, bioskop di Semarang dimungkinkan bisa kembali operasional pekan depan.

“Syaratnya sama, yakni wajib sudah vaksin dan sediakan aplikasi Peduli Lindungi. Kebetulan terintegrasi dengan mal, jadi sudah pakai aplikasi Peduli Lindungi,” tambahnya.

Mengenai kapasitas, Iin mengatakan, kapasitas tempat hiburan dan wisata saat ini sudah bisa menampung 50 persen sesuai instruksi wali kota tentang PPKM Level 2. Adapun jam operasional hingga pukup 21.00.

“Kalau kemarin kapasitas 25 persen memang dirasa masih berat. Sekarang kapasitas sudah bisa 50 persen,” sebutnya.
Dari segi ketaatan, lanjut Iin, sejauh ini ketaan pengelola hiburan masih on the track atau sesuai dengan jalur yang sudah ditetapkan. “Saya sudah pesan dan mewanti-wanti jangan melanggar. Sejauh ini masih patuh. Mudah-mudahan ke depan masih patuh dan tetap menjaga,” harapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menjelaskan, jika bioskop dimungkinkan kembali buka setelah Ibu Kota Jateng ini masuk level 2. Namun perlu ditekankan tetap mengingatkan akan protokol kesehatan yang harus dijalani saat bioskop benar dibuka.(HS)

Share This

Polres Blora Perketat Penjagaan Mako Untuk Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Sekolah Alam Pringgodani Sukorejo, Mengajak Peserta Belajar Sambil Mencintai Alam