in

Diputus Cerai di Blora, Langsung Dapat KTP dan KK Baru

Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi memberikan sambutan pada acara penandatanganan nota kesepahaman Pemkab Blora dan Pengadilan Agama Kelas IB Blora, dalam pelayanan akta cerai dan dokumen kependudukan. (Foto : Blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Pemkab Blora dan Pengadilan Agama Kelas IB Blora, akan mengintegrasikan pelayanan kependudukan, berkaitan dengan penerbitan akta cerai. Masyarakat Blora yang sudah mendapatkan akta cerai, sekaligus akan memperoleh kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) baru.

Nota kesepahaman tentang sinergi pelayanan tersebut, ditandatangani Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi dan Ketua Pengadilan Agama Kelas IB Blora H Supriyanto SAg MSI, Jumat (28/1/2022) di Kantor Pengadilan Agama Blora.

Hadir pada kesempatan tersebut Asisten I Pemerintahan dan Kesra Sekda Blora, Kepala BPPKAD Blora, Sekretaris Bappeda Blora, Kepala Bagian Pemerintahan, perwakilan Bagian Hukum Setda Blora.

Ketua Pengadilan Agama Kelas IB Blora H Supriyanto SAg MSI, berharap dengan kerja sama tersebut, pelayanan yang melibatkan Pengadilan Agama dan Dukcapil Blora bisa menjadi lebih mudah dan cepat.

“Saya sebagai ketua PA Blora, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Blora, yang telah memfasilitasi kerja sama ini. Mudah-mudahan kesempatan ini, berjalan sesuai dengan maksud dan tujuan, dalam rangka percepatan pelayanan pada masyarakat,” kata dia, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Dia berharap dengan adanya kerja sama ini, pelayanan kepada masyarakat akan lebih memuaskan, efektif, dan efisien. Nantinya, para pencari keadilan atau pengurus perubahan data, tidak perlu lagi wara-wiri antarinstansi.

“Begitu akta cerai keluar, di sini langsung keluar KTP baru KK baru, sehingga mereka bisa langsung pulang. Tentu akan memudahkan masyarakat. Jadi sekali merengkuh dayung, tiga pulau terlampaui. Mudah-mudahan ke depan bisa dikembangkan lagi dengan pendukung yang lainnya,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Blora menyambut baik kesepakatan dengan Pengadilan Agama Blora ini. Dia berharap agar pelayanan administrasi kependudukan, nantinya dapat semakin baik dan mudah.

“Saya atas nama Pemkab Blora, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada ketua Pengadilan Agama, yang sudah menginisiasi kegiatan ini dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

“Sinergi ini terkait dengan Dukcapil dan beberapa program yang sudah dirancang tentunya dengan OPD yang lain juga dimungkinkan untuk bersinergi dalam rangka untuk pelayanan untuk masyarakat,” lanjutnya.

Disampaikannya, Pemerintah Kabupaten Blora siap mendukung Pengadilan Agama dalam menghadirkan pelayanan kepada masyarakat yang semakin baik.

“Bahwa Pengadilan Agama Blora ini salah satu instansi vertikal yang selalu bekerja sama, bersinergi, dengan kita,” terangnya.

Diharapkan, ke depan sinergi ini akan diteruskan. Termasuk usulan Ketua PA terkait dengan aset dan sebagainya akan dibicarakan lebih lanjut.

“Tadi ada beberapa yang perlu diusulkan kepada kami. Intinya sesuai dengan kemampuan kami, kita siap untuk memberikan bantuan apa yang kiranya bisa kita bantu. InsyaAllah akan kita dukung upaya PA dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata dia. (HS-08).

Wabup Hanies Minta Bappeda Rembang Andal dan Visioner

Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya, Sabtu (29/1/2022)