in

Diprediksi Terjadi Hujan Deras Di Semarang, BPBD: Daerah DAS Kondisinya Masih Aman

BPBD Kota Semarang memonitor kondisi debit air sungai dengan Early Warning System (EWS) di DAS rawan banjir di Kali Plumbon Mangkang.

 

HALO SEMARANG – Beberapa titik daerah aliran sungai (DAS) rawan banjir di Kota Semarang terpantau kondisinya masih aman. Mengingat dalam prediksi, Kota Semarang akan diguyur hujan dengan intensitas ringan dalam beberapa hari ke depan.

Prakiraan cuaca dari BMKG, beberapa wilayah di Indonesia, dan wilayah Jawa Tengah, termasuk Kota Semarang dan sekitarnya akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga deras hingga 23 November 2021.

Sekretaris BPBD Kota Semarang, Winarsono mengatakan, kondisi DAS saat ini masih terpantau aman. Seperti di DAS Plumbon dan Kali Beringin di daerah Mangkang, BKB dan lainnya.

“Kami melakukan pemantauan dengan Early Warning System (EWS) juga dilengkapi CCTV untuk memonitor di tujuh titik DAS rawan banjir di Kota Semarang. Yakni dua titik di DAS Plumbon, tiga titik di Kali Bringin, satu titik di Kali Pengkol, dan satu titik di Kali Babon,” terangnya, Senin (22/11/2021).

Salah satu warga sekitar DAS Plumbon, Agung mengatakan tiap kali turun hujan deras, dirinya selalu was-was jika air sungai meluap. Seringkali jika aliran sungai deras, membuat tanggul Kali Plumbon jebol. Sehingga airnya melimpas ke rumah warga dan jalan.

“Sering was-was kalau turun hujan deras, apalagi kalau hujannya malam hari warga makin khawatir. Sekarang sudah dipasang dengan alat dan kamera CCTV untuk melihat kondisi dan ketinggian air sungai, paling membuat kita lebih siaga lagi saat ada banjir,” katanya.(HS)

Share This

Penghormatan Terakhir Jenazah, Ini Yang Disampaikan Dandim dan Wabup Kendal

Berbagi Kisah Jadi Pengusaha, Wabup Pati Sebut Komitmen dan Kepercayaan Jadi Modal Utama