in

Dinsos Semarang: Ibu Hamil Dapat Bantuan PKH

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Semarang, Muthohar.

 

HALO SEMARANG – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Semarang saat ini melalui Kementerian Sosial (Kemsos) memberikan bantuan kepada ibu hamil yang termasuk ke dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

Program PKH ini adalah program pemberian bantuan bersyarat yang diberikan kepada keluarga miskin, yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Semarang, Muthohar mengatakan, ibu hamil termasuk salah satu komponen penerima bantuan ke dalam program keluarga harapan. Seperti penyandang disabilitas, lanjut usia (usia 70 tahun ke atas), dan anak sekolah.

“Iya, bantuan PKH termasuk untuk ibu hamil, yang sekarang nominal bantuannya naik menjadi sebesar Rp 3 juta,” katanya, Jumat (19/2/2021).

Untuk memperoleh bantuan ini, kata dia, nantinya dalam setiap bulannya ada Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2), atau pendamping PKH, dan kader RT/RW.

“Selain itu, juga ada petugas dari Dinsos yang tiap kali pertemuan akan datang dan mencatat jika ada warga yang hamil. Untuk kemudian diusulkan untuk mendapatkan bantuan PKH,” imbuhnya.

Adapun kuotanya untuk bantuan ibu hamil ini ada sebanyak 25 ribu.

“Selain bantuan PKH, ada juga bantuan sosial BPNT/nontunai dalam bentuk sembako. Isinya ada beras ,telur dan daging. Yang nominalnya sebesar Rp 200 ribu,” terangnya.

Selanjutnya, lanjut dia, bantuan sosial tunai (BST), per bulannya sebesar Rp 300 ribu. Di mana bantuan itu dari kementerian sosial saat ini sudah mulai berjalan lagi.

“Yaitu total jumlahnya ada 104 ribu melalui Kantor Pos. Memang ada pengurangan jumlah penerima dari yang sebelumnya, sebanyak 115 ribu untuk Kota Semarang,” jelasnya.

Dari data yang tercatat di info bansos di siagacorona.semarangkota.go.id, total keseluruhan penerima bantuan sosial saat ini sebanyak 608.297 orang.

Yang terdiri dari bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 43.731 penerima.

Di mana yang memperoleh bantuan ini terbanyak di Kecamatan Semarang Utara, 4.672, Tembalang ada 4.290, dan Genuk ada 3.945.

Lalu, bantuan sosial Tunai (BST) Kota Semarang sebanyak 111.986 penerima. Adapun Kecamatan yang memperoleh bantuan tersebut terbanyak, yaitu di Kecamatan Semarang Utara, ada 12.932.

Kecamatan Semarang Barat, ada 11.720 dan Kecamatan Gunungpati ada 8.354.

Sedangkan untuk Bantuan Program sembako/ BPNT sebanyak 25.602 penerima. Kemudian, bantuan Presiden sebanyak 10.000, Bantuan Provinsi tahap 1 dan 2 sebanyak 53.748. Serta bantuan Covid -19 tahap 1-3, kota, yakni sebanyak 352.629 penerima.(HS)

Share This

Sektor Pertanian Diyakini Mampu Tumbuh Positif Pada 2021

Di Purwokerto, Narapidana Jalankan Bisnis Narkotika Dari Dalam Penjara