in

Dinsos PPKB Rembang Luncurkan Program Rak Sedekah, Warga Mampu Bisa Ikut Mengisi

Ketua Lembaga Koordinasi Kegiatan Sosial (LKKS) Hj Hasiroh Hafidz, meresmikan program itu di halaman kantor Dinsos PPKB Rembang. (Foto : Rembangkab.go.id)

 

HALO REMBANG – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Kabupaten Rembang, meluncurkan program inovasi Rak Sedekah, Rabu (22/9).

Masyarakat yang mampu bisa mengisi rak tersebut dengan sembako. Sementara warga yang membutuhkan, dapat mengambil bantuan tersebut di rak sedekah.

Plt Sekretaris Dinsos PPKB, Nasaton Rofiq mengatakan rak sedekah terinspirasi oleh adanya sebagian warga yang mengalami kesulitan ekonomi, termasuk karena dampak wabah Covid-19. Di sisi lain, banyak warga pula warga yang ingin membantu.

Dengan rak sedekah, kepentingan kedua pihak tersebut diharapkan dapat terjembatani.

Adapun konsepnya, warga yang mampu boleh mengisi rak tersebut dengan aneka macam sembako, seperti beras, gula, minyak goreng, dan jenis sembako lainnya. Adapun warga yang membutuhkan bantuan, bisa mengambil bantuan di rak sedekah tersebut.

Untuk saat ini, Dinsos PPKB menyiapkan enam unit rak sedekah. Satu di antaranya akan ditempatkan di depan kantor Dinsos PPKB, dan sisanya akan disebar di beberapa lokasi.

“Lokasi itu antara lain di dekat Alun-alun Rembang, Lasem, Kragan, Sedan dan Gunem. Insya Allah nanti ke depan akan diperbanyak lagi,” ujarnya.

Dia berencana akan memperbanyak rak sedekah tersebut, sampai ke seluruh kecamatan. Pihaknya juga dengan senang hati, jika ada lembaga, komunitas, atau perseorangan yang ikut membuat rak sedekah serta mengisinya.

Sementara ketika meresmikan program itu di halaman kantor dinas tersebut, Ketua Lembaga Koordinasi Kegiatan Sosial (LKKS) Hj Hasiroh Hafidz, berharap dukungan dari pihak Semen Gresik dan perbankan di Rembang.

“Karena sebagian rejekinya ini hak nya penyandang masalah kesejahteraan sosial, ” imbuhnya.

Jumini warga desa Kabongan Kidul yang hadir dalam launching rak sedekah dan ikut merasakan fungsi rak sedekah, mengaku sangat senang adanya rak sedekah. Karena bantuan gratis ini sangat membantu bagi warga yang membutuhkan.

“Ya senang, ya ada bantuan sembako gratis dan semoga berkah,” kata dia. (HS-08)

Share This

Pengurus Baru Dikukuhkan, IPSM Jadi Kekuatan Bantu Permasalahan Sosial

Tim Penggerak PKK Kecamatan Diminta Berperan Bantu Camat Berdayakan Perempuan