Dinsos Kota Semarang: 454 Warga Ajukan Bantuan Santunan Kematian Covid-19

Salah satu warga mengurus pengajuan bantuan santuan kematian di kantor Dinsos Kota Semarang.

 

HALO SEMARANG – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Semarang saat ini membuka loket pelayanan pengajuan bantuan berupa santunan kematian terkena Covid-19.

Saat ini, tercatat sudah ada sebanyak 454 warga atau ahli waris yang mengajukan bantuan tersebut di Dinsos Kota Semarang.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Semarang, Muthohar mengatakan, ada program bantuan dari kementerian sosial (Kemensos) berupa santunan kematian Covid-19.

- Advertisement -

Sehingga pihaknya membuat surat edaran ke camat, dan lurah untuk diberitahukan kepada warga masyarakat, jika ada keluarga yang meninggal kena Covid-19 bisa mengajukan untuk mendapatkan bantuan tersebut.

“Hingga saat ini sudah ada sebanyak 454 orang yang mengajukan ke kami. Saat ini masih menunggu bantuan itu cair,” katanya, Selasa, (2/2/2021).

Dia menambahkan, memang untuk pencairan santunan kematian karena Covid-19, di Kota Semarang belum ada laporan.

“Tapi kalau saya mendengar di kabupaten/kota lainnya sudah ada yang cair,” imbuhnya.

Untuk mekanisme pengajuan bantuan tersebut, kata dia, warga bisa mengajukan dengan membawa beberapa berkas persyaratan.

“Seperti punya KTP, KK, surat keterangan dari puskesmas atau rumah sakit, yang menerangkan meninggal karena covid, dan ada ahli warisnya. Setelah data itu terkumpul, tugasnya Dinsos mengajukan ke provinsi, lalu pemerintah provinsi nantinya mengajukan ke kementrian, dan sampai saat ini belum ada yang cair,” ungkapnya.

Adapun bantuan tersebut, sebesar Rp 15 Juta.

“Kalau sudah ada pencairan dari Kementerian, uangnya langsung masuk ke rekening masing-masing ahli waris. Saat mengajukan ahli warisnya sudah memberikan data, seperti nomor rekeningnya. Tidak melalui Dinsos lagi, kami hanya mendapatkan laporan sudah cair atau belum,” terangnya.

Berdasarkan data dari Dinkes Kota Semarang, Selasa, 2 Februari 2021 hingga pukul 12.00 WIB, jumlah kasus meninggal dinyatakan positif Covid-19 total ada sebanyak  2196, terdiri dari 1519 warga Kota Semarang dan 677 luar Kota Semarang. Sedangkan total pasien Covid-19 dirawat 804 orang.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.