in

Dinperpa Pekalongan Siapkan Edaran Pelaksanaan Idul Kurban

Foto : Pekalongankota.go.id

 

HALO PEKALONGAN –  Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Pemerintah Kota Pekalongan, berupaya menjaga keamanan dan kelayakan daging kurban, dalam pelaksanaan ibadah kurban Hari Raya Idhuladha 1442 H, 20 Juli mendatang.

Untuk menjamin hal tersebut, Dinperpa tengah menyusun Surat Edaran tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Covid-19.

“Mengingat saat ini dalam situasi bencana non alam wabah Covid-19, diimbau agar kegiatan kurban memperhatikan protokol kesehatan, untuk pencegahan penularan atau penyebaran Covid-19,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinperpa Kota Pekalongan, Ilena Palupi SPt MSi, seperti dirilis Pekalongankota.go.id.

Ilena mengatakan dalam edaran pelaksanaan kegiatan kurban nanti, penjualan dan pemotongan hewan kurban, perlu sesuaikan dengan situasi Covid-19.

“Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah untuk mencegah dan mengendalikan potensi penularan Covid-19, di tempat penjualan dan pemotongan hewan kurban dengan memperhatikan faktor risiko,” kata Ilena.

Menurut dia, pada saat-saat semacam itu ada faktor risiko interaksi antarorang. Hal ini karena ada kemungkinan warga yang mudik

Edaran ini, akan dibagikan kepada takmir atau panitia kurban se-Kota Pekalongan.

“Saya mengimbau dan menginformasikan agar tidak menyembelih ternak ruminansia betina produktif. Ternak sebelum dipotong, sebaiknya diistirahatkan dan dipuasakan minimal 12-24 jam,” imbau Ilena.

Untuk penerapan higiene dan sanitasi, panitia harus menyediakan fasilitas cuci tangan sabun cair atau hand sanitizer, di setiap akses masuk atau tempat yang mudah dijangkau serta melakukan pembersihan dan desinfeksi terhadap peralatan sebelum dan setelah digunakan. “Saat penanganan daging dan pembuangan limbah, nanti tolong untuk memperhatikan hiegene sanitasi,” kata Ilena. (HS-08)

Share This

Wali Kota Pekalongan Berharap Sinergi dengan Polres Dimaksimalkan

Harga Oksigen Medis Tembus Rp 2 Juta, Pemerintah Diminta Turun Tangan