in

Dinperkim Targetkan Realisasi Program Pugar RTLH Tuntas Akhir Tahun

Pemugaran rumah tak layak huni (RTLH) di Kota Pekalongan. Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Dinperkim) Kota Pekalongan, menargetkan realisasi pengerjaan fisik Program Pemugaran RTLH ini, dapat selesai pada Oktober atau November 2021. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Dinperkim) Kota Pekalongan, menargetkan realisasi pengerjaan fisik Program Pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dapat selesai pada Oktober atau November 2021.

Kepala Bidang Perumahan Rakyat Dinperkim Kota Pekalongan, Purwo Susetiyo, seperti dirilis Pekalongankota.go.id mengatakan bahwa tahun ini Program Pugar RTLH ada tiga jenis, yakni program yang didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak 130 unit, dengan besaran bantuan senilai Rp 20 juta/unit, Bantuan yang didanai oleh APBD sebanyak 244 unit, dengan besaran bantuan Rp 10 juta/unit dan jenis bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) oleh pemerintah pusat sebanyak 8 unit, dengan alokasi dana bantuan sebesar Rp 20 juta/unit.

Purwo menyebut lokasinya hampir merata di seluruh wilayah Kota Pekalongan namun untuk bantuan yang bersumber dana DAK dan BSPS tersebar di dua kecamatan yakni Kecamatan Pekalongan Utara dan Barat. Sedangkan, untuk bantuan bersumber dana APBD tersebar di 27 kelurahan.

Sementara untuk saat ini pengerjaan fisik sudah mulai dilakukan untuk program Pugar yang didanai dari DAK, begitupula dengan bantuan BSPS. Sedangkan, untuk bantuan dana APBD, pihaknya masih melakukan sosialisasi, verifikasi, dan validasi data.

Adapun mekanisme pengajuan, ia menjelaskan, pihak kelurahan mengusulkan data penerima bantuan dan Dinperkim setempat menindaklanjuti usulan ke pusat untuk menentukan jumlah penerima bantuan yang disetujui. (HS-08)

Share This

Brebes Budidayakan Klengkeng New Cristal

Polres Brebes Ungkap Tujuh Perkara dalam Sebulan