in

Dinperinaker Kota Pekalongan Fasilitasi Perekrutan Perusahaan Pengiriman

Proses perekrutan perusahaan pengiriman Anteraja yang difasilitasi Dinperinaker Kota Pekalongan. (Foto : pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN –  Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Pemerintah Kota Pekalongan, memfasilitasi walk in interview, dalam perekrutan calon tenaga kerja perusahaan ekspress logistik PT Tri Adi Bersama (Anteraja), di aula Dinperinaker, Selasa (10/5/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyalurkan para pencari kerja (pencaker) di Kota Pekalongan.

Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso mengungkapkan berdasarkan data dari perusahaan tersebut, Kota Pekalongan menempati peringkat teratas di Jawa Tengah, untuk pengiriman tekstil dan produk kain melalui Anteraja.

Karena itulah perusahaan itu membutuhkan tambahan tenaga kerja hampir setiap bulan, dan meminta bantuan ke Dinperinaker Kota Pekalongan, untuk memfasilitasi tempat dan sarana dalam pelaksanaan proses perekrutan.

“Kami fasilitasi Anteraja melakukan proses seleksi, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja mereka,” kata Sri Budi Santoso, seperti dirilis pekalongankota.go.id.

Pihaknya berharap dengan perekrutan ini, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Pekalongan, untuk mendapat pekerjaan. Dengan demikian dapat mengurangi angka pengangguran, sekaligus menunjukkan industri pengolahan tekstil di Kota Batik ini terus berkembang.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengiriman-pengiriman barang, terutama tekstil dari Kota Pekalongan yang mayoritas dari transaksi-transaksi online.

Menurutnya, sejauh ini upaya Dinperinaker dalam membantu masyarakat untuk mencari pekerjaan, di antaranya dengan cara menginformasikan lowongan-lowongan pekerjaan. Selain itu juga dengan mempertemukan perusahaan-perusahaan, yang tengah melakukan proses perekrutan calon tenaga kerja.

Sementara, di satu sisi dari calon tenaga kerja juga terus diinformasikan lowongan pekerjaan yang tersedia baik melalui media sosial maupun ditempel di papan informasi di Kantor Dinperinaker setempat.

“Masyarakat yang tengah mencari kerja harus proaktif  dan jangan pasif dalam mencari informasi-informasi lowongan pekerjaan yang ada. Jika ada kesempatan seleksi yang bekerjasama dengan Dinperinaker Kota Pekalongan, kami akan fasilitasi dan sampaikan, disamping menyiapkan diri, tentu mereka perlu membekali dirinya baik melalui pelatihan mandiri maupun pelatihan skill yang disediakan di Balai Latihan Kerja (BLK) setempat,” jelasnya.

Sementara itu, Human Capital (HC) PT Anteraja Pusat, Ardiansyah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinperinaker Kota Pekalongan, yang telah membantu proses perekrutan oleh PT Anteraja.

Menurutnya, sejauh ini animo pendaftar atau calon tenaga kerja Kota Pekalongan yang melamar luar biasa. Dia menyebutkan dalam proses perekrutan tersebut, sejak pagi sudah ada beberapa kandidat yang melamar lowongan pekerjaan ini, untuk mengisi posisi mitra satria (kurir).

“Saat ini Anteraja, sesuai background-nya sebagai perusahaan ekspress logistik, bergerak dalam pengantaran barang, di mana lowongan yang banyak dibuka adalah posisi kurir. Posisi kurir ini bertugas mengantarkan dan mengambil barang ke konsumen,” kata Ardi.

Proses walk in interview ini dilaksanakan dalam sehari. Diawali pelamar melakukan registrasi dan tes secara online, interview dengan perusahaan, hingga hasil perekrutan bisa diketahui.

Untuk penyerapan calon tenaga kerja, pihaknya mengaku memang sangat membutuhkan banyak tenaga kerja, terutama di Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan. Sejak walk in interview digelar pukul 09.00 hingga 11.00 WIB sudah ada puluhan orang yang melamar.

“Setelah itu, baru akan kami panggil untuk melakukan penandatanganan pekerjaan. Penandatangan pekerjaan itu pun juga sudah online lewat email masing-masing pelamar, baik untuk lokasi penempatan kerja, kapan mulai berangkat kerja, dan sebagainya. InshaAllah untuk proses perekrutan serupa bisa jadi akan dibuka kembali dan akan diinformasikan, bekerja sama dengan Dinperinaker Kota Pekalongan,” kata dia. (HS-08)

Gelar Sidak, WalI Kota Pekalongan Minta Pelayanan KTP dan KK Dipercepat

PSIS Resmi Umumkan Rekrut Wawan Febrianto dari Borneo FC