Dinkop Jateng dan Disperinkop UKM Kendal Gelar Pelatihan Wirausaha Bagi Pemula

Pelatihan pelaku UMKM di Kabupaten Kendal yang dilaksanakan di salah satu hotel di Jalan Soekarno-Hatta, Kendal, Kamis (24/9/2020).

 

HALO KENDAL – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Disperinkop dan UKM Kabupaten Kendal mengadakan pelatihan keterampilan usaha produktif bidang boga.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta, dari para pelaku UMKM di Kabupaten Kendal yang dilaksanakan di salah satu hotel di Jalan Soekarno-Hatta, Kendal, Kamis (24/9/2020).

Kasi Pegembangan Usaha Mikro, DPKUKM Disperinkop UKM Kabupaten Kendal, Dewi Setiyowati mengatakan, kegiatan pelatihan ini dilakukan selama 4 hari, mulai 21-24 Sepetember 2020.

“Rangkaian kegiatan di antaranya mengikuti pengarahan dari Dinas Koperasi Provinsi Jawa Tengah dan Kepala Disperikop dan UKM Kabupaten Kendal, Kun Cahyadi, terkait dengan kebijakan pengembangan dan pemberdayaan UMKM terdampak Covid-19,” ujarnya,

Selain itu, lanjutnya, juga ada pelatihan tentang kewirausahaan, praktik membuat makan frozen seperti kebab, amirican risol, pangsit goreng isi, lumpia, siomai, dan empek-empek.

“Kemudian pada hari ini penyampaian materi oleh Konsultan PLUT-KUMKM Kabupaten Kendal tentang legalitas usaha, dan izin usaha lewat Online Single Submission (OSS),” tambah Dewi.

Sementara itu, Rudi, Staf Rekturisasi Usaha Dinas Koperasi Provinsi Jateng mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk perintisan usaha-usaha baru bagi masyarakat yang terdampak virus Covid-19.

Dijelaskan, kegiatan ini untuk membantu para pelaku UKKM, dan juga diperuntukkan bagi orang-orang yang beralih profesi karena di masa pandemi banyak usaha-usaha yang berhenti total.

“Maka kami latih mereka di bidang boga yang difokuskan pada olahan produk frozen, yang mana lebih mudah dipasarkan dan tidak cepat basi atau membusuk saat dalam pengiriman,” ujarnya.

Rudi juga berharap, pelatihan ini merupakan langkah awal untuk menjadi wirausaha baru, sehingga para peserta nantinya dapat mempraktikkannya di rumah masing-masing, dan terus melatih diri agar dapat tumbuh menjadi wirausaha sukses.

Sedangkan menurut salah satu peserta, Faisal Tanjung, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Disperinkop dan UKM yang telah mengadakan pelatihan.

“Karena biasanya saya ikut workshop itu bayar, namun di sini difasilitasi dengan banyak hal, seperti materi-materi yang saya butuhkan,” ungkapnya.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan semoga acara-acara seperti ini ke depan akan terus ada. Agar para pelaku UMKM di kabupaten lebih berkembang dan akan ada lebih banyak lagi yang naik kelas,” pungkas Rudi.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.