in

Dinkes: Sasaran Vaksin untuk Disabilitas dan ODGJ Total 6 Ribu Orang

Kepala Dinkes Kota Semarang, Moh Abdul Hakam.

 

HALO SEMARANG – Dinas Kesehatan Kota Semarang mengalokasikan vaksin Sinopharm untuk kaum disabilitas dan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang, Moh Abdul Hakam mengatakan, total sasasan disabilitas dan ODGJ ada sebanyak 6.000 orang. Pihaknya memprogramkan vaksinasi disabilitas dan ODGJ setiap Jumat untuk mengejar seluruh sasaran.

Menurut Hakam, ada sekitar 2.500 disabilitas yang telah mengikuti vaksinasi. Puskesmas saat ini juga terus mengajak kaum difabel di setiap wilayah kerjanya.

“Kami minta teman-teman puskesmas untuk terus mencari difabel untuk divaksin,” terang Hakam, Jumat (27/8/2021).

Sedangkan vaksinasi ODGJ, lanjut Hakam, dilakukan di rumah sakit jiwa (RSJ). Pihaknya sudah berkoordinasi dengan RSJ untuk melakukan vaksinasi terutama bagi pasien rawat jalan. Kondisi pasien rawat jalan cenderung stabil.

Di samping itu, Dinkes juga mengejar vaksinasi ibu hamil karena masuk dalam kelompok rentan. Vaksinasi ibu hamil sudah menyentuh 1.200 sasaran dari total 3.600 sasaran. Ibu hamil yang bisa mengikuti vaksinasi yaitu yang telah memasuki usia kehamilan lebih dari 13 minggu.

“Teman-teman di 37 puskesmas saya minta terus berupaya selagi vaskin ada. Sampaikan kepada teman-teman kader untuk bisa menyampaikan hal ini kepada masyarakat,” jelasnya.

Berbeda dengan kaum disabilitas dan ODGJ, lanjut Hakam, vaksinasi ibu hamil menggunakan jenis vaksin Sinovac. Jenis vaksin ini dinilai paling aman bagi ibu hamil dibanding dua jenis vaksin lainnya.(HS)

Share This

Kapolres Salatiga Bagikan Masker dan Bansos Saat Kerja Bakti

Tradisi “Nyadran” Di Rowosari Kendal Digelar Sederhana, Hanya Diikuti Warga Setempat