Dinkes Pati Bekali 14 Relawan Calon Tim Pemakaman Jenazah Covid-19 FKUB

Dinkes Pati memberikan pembekalan pencegahan penanganan dan pemulasaran jenazah Covid-19. (Foto: Patikab.go.id)

 

HALO PATI – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB ) Kabupaten Pati kini memiliki tim sukarelawan pemakaman jenazah Covid-19. Sebanyak 14 orang dari mereka, juga sudah mengikuti Pembekalan Pencegahan Penanganan dan Pemulasaran Jenazah Covid-19, yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Pati.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Edi Siswanto, tim tersebut dibentuk sebagai respons masyarakat, yang menginginkan penguburan jenazah pasien Covid-19 sesuai ketentuan agama.

“Karena kemarin ada keluhan, kami dianggap kurang melayani terhadap jenazah korban Covid. Keluhan-keluhan seperti itu, terutama datang dari sebagian pemeluk Islam, yang menghendaki agar pemakaman sesuai syariat,” kata Edy.

Berangkat dari keinginan masyarakat tersebut, Dinkes Pati kemudian bekerja sama dengan FKUB. ôKami minta tolong agar ada relawan untuk pendampingan,” terangnya.

Setelah dilakukan pembekalan, mereka akan ditugaskan untuk mendampingi proses pemulasaraan jenazah di tempat warga.

Seperti tim pemakaman BPBD, tim pemakaman FKUB akan menindaklanjuti jenazah terduga terpapar Covid-19, yang dipulangkan oleh rumah sakit.

“Kami punya jaringan rumah sakit yang banyak, nanti itu akan dibagi personilnya seperti yang ada di BPBD, sesuai masing-masing organisasi,” tambah Edy. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.