in

Dinkes Kota Pekalongan Gencar Sosialisasikan POPM Filariasis

Sosialisasi pencegahan filariasis di Kota Pekalongan. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan, mengadakan sosialisasi dan pemberian obat pencegahan massal (POPM) filariasis atau kaki gajah, untuk tingkat kecamatan selama September ini, dan akan dilanjut ke tingkat kelurahan.

Pengelola Program Filariasis Dinkes Kota Pekalongan, Opick Taufik, mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, dengan menurunkan angka kecacatan dan kerugian ekonomi, akibat filariasis.

“Kami menargetkan 80% masyarakat Kota Pekalongan bisa mendapatkan obat filariasis,” kata Opick Taufik, seperti dirilis Pekalongankota.go.id

Dia mengatakan angka filariasis di Kota Pekalongan masih di atas 1 persen, sehingga kegiatan POPM filariasis harus dilaksanakan. “Kami juga siapkan aplikasi pendataan untuk POPM filariasis, ini dengan harapan masyarakat semakin banyak yang mengonsumsi obat filariasis untuk pencegahan penyakit,” kata Opick.

Disebutkan Opick, diperlukan waktu minimal sekali dalam setahun, untuk mengonsumsi obat antifilariasis. Ini untuk mencegah adanya cacing filariasis, yang ditularkan melalui gigitan nyamuk.

“Harapannya masyakat Kota Pekalongan semakin menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan tubuh. Harapannya ketika nanti ada POPM Filariasis masyarakat antusias untuk mengonsumsi obatnya,” kata Opick. (HS-08)

Share This

Anak PAUD Jangan Dipaksa Bisa Calistung

Bioskop di Kota Pekalongan Buka, Pengunjung Harus Gunakan PeduliLindungi