Dinkes Kendal: Swab Test Bagi Ibu Hamil, Dilakukan 10 Hari Sebelum Hari Perkiraan Lahir

Foto ilustrasi corona.

 

HALO KENDAL – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Kendal dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Salah satu yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, dengan melakukan swab test untuk ibu hamil.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Fernando Rad Bonai mengatakan, swab test bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan para ibu hamil, apakah terpapar virus Covid-19 atau tidak.

“Kegiatan swab test dilakukan di seluruh Puskesmas di Kabupaten Kendal, sehingga dapat dilakukan langkah-langkah dalam menolong persalinan,” terangnya.

Dijelaskan oleh Feri, kalau hasil swabnya positif, maka ditolong dengan menggunakan APD level 3. Setelah itu, ibu hamil diisolasi di ruang khusus pisah dengan bayinya.

“Jadi selain melindungi tenaga medis juga untuk melindungi bayi dan ibunya,” ungkapnya.

Menurut Feri, swab test dilakukan 10 hari sebelum Hari Perkiraan Lahir (HPL) bagi sang bayi.

“Swab ini akan terus dilakukan selama massa pandemi sebagai upaya meminimalisir risiko penularan virus Covid-19 terhadap anak usia dini,” tandasnya.

Sementara itu, Bidan Koordinator di Puskesmas Ringinarum, Rini Edi Hastuti mengungkapkan, untuk Puskesmas Ringinarum pelaksanaan swab test bagi Ibu hamil sudah dilakukan 2 kali. Yaitu tanggal 20 dan 26 Oktober 2020.

“Sudah ada 16 ibu hamil yang datang melakukan swab test,” terangnya, Selasa (27/10/2020).

Dirinya berharap, agar ibu hamil yang ada di Kecamatan Ringinarum ini semua bisa melakukan swab.

“Kami berharap kepada seluruh ibu hamil agar dapat hadir ke Puskesmas melakukan swab test sesuai jadwal yang ditentukan oleh dinas. Sehingga nantinya jika ada risiko terkait virus Covid-19 kita bisa mengantisipasinya,” ungkap Rini Edi.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.