Dinkes Kendal Jemput Bola Vaksinasi Kades Dan Perangkat Desa

Vaksinasi untuk kades dan perangkat desa, di Wilayah Kecamatan Pageruyung, Sabtu (13/3/2021).

 

HALO KENDAL – Dalam rangka percepatan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kendal melakukan jemput bola dengan mendatangi sasaran vaksin. Salah satunya yang digelar di balai desa, puskesmas, atau kantor kecamatan.

Sebanyak 2.600 perangkat desa dan juga kepala desa yang merupakan salah satu pelayan masyarakat secara serentak diberikan vaksinasi.

Para perangkat desa diundang dan dikumpulkan di suatu tempat, supaya bisa terlayani secara keseluruhan, serta mendekatkan lokasi vaksin dengan tempat tinggal.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Kendal, Budi Mulyono menjelaskan, jika petugas Dinkes mendatangi lokasi vaksin yang sudah ditentukan oleh para penerima dalam, hal ini perangkat desa dan kepala desa.

“Setelah diputuskan maka kami datang. Dengan metode jemput bola ini, maka peserta vaksin tidak keberatan karena lokasi sudah pasti dekat dengan temoat tinggalnya,” terangnya, saat memantau pelaksanaan vaksin di Kecamatan Pageruyung, Sabtu (13/3/2021).

Budi mengungkapkan, percepatan Vaksinasi Covid-19 ini adalah perintah dari Bupati Kendal, supaya vaksin cepat terserap dan bisa meminta kembali alokasi vaksin ke pemerintah.

“Saat ini sudah 15 ribu dosis vaksin diberikan dan akan segera melakukan permintaan kembali dosis vaksin agar lebih cepet menjangkau masyarakat Kendal,” ungkapnya.

Camat Pageruyung, Dwi Cahyono dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih karena garda terdepan dalam pelayanan masyarakat telah mendapatkan vaksinnasi.

Pihaknya juga berterima kasih karena Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal mau mendatangi lokasi, sehingga mempermudah dalam pelaksanaan.

“Kepala dan perangkat desa mendukung dengan program vaksin Covid-19 ini. Harapan kami usai di vaksin, kinerja pelayanan bisa lebih baik karena sudah ada tindakan pengamanan dari Covid-19. Meski demikian protokol kesehatan tetap selalu kami jaga,” kata Cahyono.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pageruyung, Sulasih mejelaskan, untuk pelaksanaan vaksin untuk 150 Kepala Desa dan Perangkat Desa, pihaknya menerjunkan dua tim kesehatan.

“Kami terjunkan dua tim untuk melaksanakan vaksin untuk kepala desa dan perangkat desa. Setiap tim terdiri dari tujuh petugas kesehatan, kami siap mendatangi lokasi vaksin agar target terpenuhi dan tingkat kedatangan peserta vaksin tinggi,” jelasnya.

Kepala Desa Pageruyung, Daryanto menyambut baik adanya vaksin bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa ini. Menurutnya, lokasi vaksin disepakati di Balai Desa Pucakwangi, Kecamatan Pageruyung.

“Tugas kami memang berada dekat dengan masyarakat. Untuk bisa melayani maksimal vaksin sangat kami butuhkan, tidak ada yang menolak hanya kalau ada yang sakit maka BPD siap menggantikannya,” pungkasnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.