in

Dinkes Blora Gelar Pembekalan Penerapan JogoTonggo

Pembekalan Intensifikasi Edukasi Pemberdayaan JogoTonggo dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Blora. (Foto : Blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Dinas Kesehatan Kabupaten Blora bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, menggelar pembekalan bagi edukator pendamping dan enumerator masyarakat, di tiga wilayah kerja puskesmas di Kabupaten Blora, yakni dari Kecamatan Tunjungan, Banjarejo, dan Blora.

Pembekalan itu dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan kegiatan Intensifikasi Edukasi Pemberdayaan JogoTonggo dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

Plt Kepala Dinkes Blora Edi Widayat SPd MKes MH melalui Kepala Seksi Promkesda Dinkes Blora Nanik Sri Mulyaningsih SKM MSi, menjelaskan  pembekalan dilaksanakan secara during dan luring, di ruang pertemuan Resto Djoglo Kecamatan Blora, Kamis (2/9) dan Jumat (3/9).

Sejumlah narasumber acara itu dari Tim Fasilitator Intensifikasi Edukasi JogoTonggo tingkat Provinsi Jateng dan dari Dinkes Blora.

Pada pembekalan hari pertama, Kamis (2/9) Tim Fasilitator Intensifikasi Edukasi JogoTonggo tingkat Provinsi Jateng, menyampaikan materi secara virtual tentang Kebijakan Intip JogoTonggo, Implementasi dan Penilaian Intip JogoTonggo, Tugas dan tanggung jawab Satgas JogoTonggo, Efektivitas kearifan lokal dalam pencegahan Covid-19 dan penjelasan kuesioner bagi enumerator.

Kemudian, narasumber dari Dinkes Blora, menyampaikan tentang pencegahan dan penanganan Covid-19 berbasis masyarakat. Perilaku masyarakat adaptasi kebiasaan baru. Proses penggerakan dan pemberdayaan masyarakat.

Selanjutnya, hari kedua, Jumat (3/9), narasumber dari Dinkes Blora, memaparkan Pemberdayaan masyarakat melalui Satgas kesehatan JogoTonggo. Teknik pendampingan dan edukasi JogoTonggo dan Building learning commitment.

Nanik menjelaskan, peserta tiga wilayah kerja Puskesmas di Kabupaten Blora yang dimaksudkan adalah kecamatan Tunjungan, Banjarejo dan Blora dengan menghadirkan tenaga kesehatan (Bidan Desa), Kepala UPTD Puskesmas, perwakilan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dari Polsek dan Koramil wilayah setempat, Lurah, Satpol PP perwakilan Dinkominfo Blora, Dinas PMD.

Sementara itu, Plt Kadinkes Blora Edi Widayat, pada hari kedua pembekalan menyampaikan materi Pemberdayaan masyarakat melalui Satgas kesehatan JogoTonggo.

Menurutnya, pemberdayaan adalah suatu proses pemberian informasi secara terus menerus dan berkesinambungan mengikuti perkembangan sasaran, serta proses membantu sasaran agar berubah.

Pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 adalah segala upaya yang dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat dengan menggali potensi  yang dimiliki masyarakat agar berdaya dan mampu berperan serta  mencegah penularan Covid-19.

“Dalam dua minggu terakhir angka Covid-19 di Blora menurun. Tapi waspada. Jangan lengah, tetap patuh prokes, waspadai terjadinya varian baru, atau secara epidemiologi diprediksi akan ada lonjakan. Itu yang harus kita waspadai bersama,” ujarnya.

Dijelaskan lebih lanjut, Satgas JogoTonggo yaitu Satuan Tugas yang bertugas mendorong, memastikan dan memantau terselenggaranya protokol kesehatan melawan Covid-19 dengan benar dan efektif di wilayah RW.

“Intinya bagaimana membuat masyarakat tidak jatuh sakit,” ucapnya.

Acara dilanjutkan dengan paparan rencana tindak lanjut.

“Dari Dinkominfo, kami siap mendukung dan memfasilitasi untuk menyampaikan informasi ke masyarakat,” kata DijanWahjudi, SH, Kasi Medal Bidang IKP Dinkominfo Blora.

Di akhir acara, Winarno, SKM, staf fungsional PKM dari DinkesProv Jateng, selaku panitia menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan di tiga locus yang ada wilayah Kabupaten Blora.

“Mudah-mudahan hasil kerja panjenengan bisa menekan dan memutus penyebaran virus Corona,” kata Winarno.

Kasi Promkes Dinkes Provinsi Jateng, Rita Utrajani SKM MKes memberikan support dan motivasi kepada peserta. Hadir juga M. J Fua’di dari Balkesmas Pati. (HS-08).

Share This

Bersepada ke Desa Purworejo, Bupati Blora Terima Keluhan Petani Cabai

Bank Jateng Cabang Blora Gelar Baksos di Lapangan Kridosono