in

Dinilai Langgar Ketentuan Kampanye, Sejumlah Baliho APK di Jalan Protokol Kota Kendal Dicopot

Proses pencopotan baliho APK di jalan Protokol Kot Kendal oleh petugas gabungan, Jumat (15/12/2023).

HALO KENDAL – Beberapa baliho alat peraga kampanye (APK) yang sebelumnya terpasang di sepanjang jalan protokol Kendal, mulai dari Makodim 0715/Kendal hingga Polres Kendal sudah tidak nampak, Sabtu (16/12/2023). Sebelumnya, tim gabungan dari KPU, Bawaslu, Satpol PP dan Polres Kendal, melaksanakan penertiban, bahkan mengerahkan crane milik dinas terkait.

Tercatat, setidaknya ada sepuluh baliho yang terpasang di Jalan Raya Soekarno-Hatta Kendal tersebut. Di antaranya baliho bergambar pasangan capres dan cawapres Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud MD. Sementara lainnya bergambar caleg Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Solidaritas indonesia.

Komisioner Bawaslu Kendal, Muhammad Atho’illah menegaskan, pihaknya sudah merekomendasikan ke KPU Kendal, supaya menertibkan sepuluh titik baliho yang ada di jalan protokol Kota Kendal.

Menurutnya, dari rekomendasi tersebut, KPU memberikan teguran kepada partai peserta pemilu atau tim kampanye untuk menurunkan sendiri dalam waktu tiga hari.

“Jika dalam waktu tiga hari setelah KPU Kendal melayangkan surat (teguran), namun tidak diturunkan, maka petugas melakukan pencopotan dan penurunan secara paksa,” tandasnya, Sabtu (16/12/2023).

Sementara, Rizky Kustyardhi, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kendal mengatakan, berdasarkan dari laporan Bawaslu Kendal, ada sepuluh baliho berukuran besar yang dipasang di sepanjang jalan protokol Kota Kendal. Namun sudah ada satu baliho yang dilepas sendiri oleh tim kampanye.

“Sebelumnya, kami sudah mengirim surat ke peserta pemilu terkait yang mempunyai alat peraga kampanye yang terpasang di jalan protokol supaya bisa dicopot sendiri. APK yang diturunkan paksa, diamankan dan disita, serta tidak bisa diminta kembali oleh partai politik maupun tim kampanye,” tandasnya.

Rizky menjelaskan, penertiban tersebut dilakukan berdasarkan Surat dari Pemerintah Daerah Kendal dan Keputusan KPU Kendal nomor 458 tahun 2023.

“Ketentuannya, di sepanjang Jalan Soekarno Hatta Kota Kendal mulai dari Kodim Kendal sampai Polres Kendal dilarang memasang APK. Meskipun dipasang pada papan reklame berbayar dan berizin, tetap tidak boleh. Sebab, jalan Protokol Kota Kendal harus bersih dari alat peraga kampanye,” jelasnya.(HS)

Ditahan Madura United 2-2, Ini Komentar Pelatih PSIS

Pendaftaran Calon KPPS di Kendal Masih Mencapai 40 Persen