in

Dinilai Berhasil dalam Pelaksanaan DAK Irigasi, PUPR Kendal Raih Penghargaan

Penghargaan untuk DPU PR Kendal sebagai kabupaten terbaik pelaksana DAK bidang Irigasi tahun anggaran 2023.

HALO KENDAL – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kendal meraih penghargaan sebagai kabupaten terbaik pelaksana Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Irigasi tahun Anggaran 2023.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah Kementerian PUPR, Krisno Yuwono saat acara Rapat Kerja Pelaksanaan DAK Fisik Infrastruktur PUPR, meliputi Bidang Jalan, Irigasi, Air Minum, Sanitasi dan Perumahan Tahun 2024 yang diselenggarakan di Lombok, Senin (1/7/2024).

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kendal, Khoirul Ridho saat jumpa pers, Jumat (5/7/2024) mengatakan, penghargaan diberikan karena Kabupaten Kendal dinilai mampu mengelola DAK irigasi 2023 dengan baik.

Adapun kriteria penilaian, berdasarkan dari perencanaan, kemudian pelaksanaan dan pelaporan.

“Yang dinilai dari perencanaan awal, terus pelaksanaan. Kebetulan kita dapat dana DAK itu sekitar Rp 4 miliar untuk dua kegiatan dan Alhamdulillah selesai 100 persen dan dana terserap semua,” ujarnya kepada awak media di Gedung Abdi Praja Setda Kendal.

“Kemudian setelah pelaksanaan selesai kita melaksanakan pelaporan melalui aplikasi. Pelaporan tersebut juga dinilai, dan nilainya baik juga” imbuh Khoirul.

Dirinya juga menyebut DAK bidang irigasi di tahun 2023 sebesar Rp 4 miliar yang digunakan untuk rehabilitasi dua daerah irigasi (DI) yakni Wonorejo, Desa Kedungsuren, Kecamatan Kaliwungu Selatan dan Gruyung Desa Pucakwangi, Kecamatan Pageruyung.

“Jadi daerah irigasi di Wonorejo tersebut mengairi area persawahan seluas 188,9 hektare, meliputi Desa Sidomakmur, Jerukgiling dan Kedungsuren. Sementara daerah irigasi Gruyung, mengairi area persawahan seluas 33,15 hektare yang di wilayah Desa Pucakwangi,” papar Khoirul.

Untuk tahun 2025, Kendal akan mengajukan rehabilitasi di Kramat Sukorejo dan Pilang Boja, dengan total 686 di Kendal, di mana 65,25 persen di antaranya telah terairi dengan baik.(HS)

Bank Jateng dan Dispermadesdukcapil Optimalkan Transaksi Non-Tunai Desa dengan SISKEUDES-Link

PSIS Datangkan Fernandinho untuk Perkuat Lini Depan