in

Dindik Blora Tegaskan Sekolah Dilarang Menahan Ijasah

Sosialisasi penulisan blangko ijazah SMP Tahun Pelajaran 2021/2022 di Dindik Blora. (Foto : Blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Para siswa kelas 9 SMP di Blora, pukul 10.00 WIB, Rabu (15/6/2022) hari ini, dijadwalkan akan menerima pengumuman kelulusan melalui daring dan luring.

Sekolah di Blora dilarang untuk menahan atau tidak memberikan ijazah para lulusannya dengan alasan apapun.

Penegasan itu disampaikan Kasi Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Fiqri Hidayat, dalam Sosialisasi Penulisan Blangko Ijazah SMP Tahun Pelajaran 2021/2022.

Acara yang diselenggarakan Seksi Pembinaan SMP, baru-baru ini tersebut, dihadiri Kepala SMP negeri dan swasta se-Kabupaten Blora, beserta satu penulis ijazah.

Sosialisasi dibuka Kabid Pembinaan Dikdas, Titik Umiyati mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Aunur Rofiq, dihadiri pula dari perwakilan Pengawas SMP.

Surat keterangan lulus, diberikan sesuai tanggal pengumuman kelulusan dan mencantumkan sekurang-kurangnya rata-rata nilai ujian sekolah. Adapun tanggal penerbitan Ijazah SMP se-Kabupaten Blora adalah 16 Juni 2022.

“Sekolah tidak diperkenankan untuk menahan atau tidak memberikan Ijazah dengan alasan apapun,” kata Fiqri Hidayat, yang hadir sebagai narasumber.

Dia juga mengemukakan, prinsip pengisian blangko Ijazah dilakukan dengan kehati-hatian, efisiensi, efektif dan akuntabel.

Dalam panitia penulisan Ijazah yang dibentuk kepala sekolah, sekurang-kurangnya terdapat ketua, konseptor, penulis, dan pemeriksa.

Pengisian blangko ijazah, dengan menggunakan tulisan tangan yang benar, jelas, rapi, bersih dan mudah dibaca, menggunakan tinta hitam drawing pen.

“Jika terjadi kesalahan pengisian Ijazah, tidak boleh dicoret, ditimpa atau dihapus, melainkan harus diganti dengan blangko baru,” kata Fiqri, seperti dirilis blorakab.go.id.

Sementara itu Kabid Pembinaan Dikdas, Titik Umiyati, mengemukakan sosialisasi penulisan blangko ijasah tersebut, berpedoman pada Peraturan Sekretaris Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk dan Tata Cara Pengisian Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2021/2022.

”Dalam menulis ijazah, data yang ditulis pada ijazah sudah fix. Bapak atau ibu yang hadir di sini, tentunya ada yang sudah berpengalaman menulis ijazah. Jadi, walaupun sudah ditunjuk tahun kemarin dan tahun ini juga ditunjuk, mohon kehati-hatian juga tetap diperhatikan,” kata Titik Umiyati. (HS-08)

Pedagang Sentra Kuliner Ikan Rembang Didorong Sajikan Makanan Olahan Hasil Laut untuk Keluarga

Warga Blora Diimbau Tak Beli Rokok Tanpa Cukai Resmi