in

Dindagkop UKM Kota Pekalongan Bakal Gelar Pelatihan Ekspor

Foto : Pekalongankota.go.id

 

HALO PEKALONGAN – Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM) Kota Pekalongan, bakal kembali menggelar Pelatihan Ekspor bagi pelaku UMKM di Kota Pekalongan pada Bulan Oktober.

Demikian disampaikan oleh Kepala Bidang Perdagangan, Sri Haryati SSos MM, seperti yang dirilis Pekalongankota.go.id. Dia menjelaskan bahwa pelatihan ekspor telah dilaksanakan sejak 2017 lalu, bekerja sama dengan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI.

Pada 2021 ini, pelatihan ekspor dilakukan sebanyak tiga kali. Di mana dua tahap sudah di laksanakan pada Februari dan Maret lalu. “Rencananya untuk pelatihan, ketiga dilakukan pada Oktober. Adapun untuk peserta sebanyak 30 UMKM,” kata Haryati.

Lanjutnya, pelatihan ini bertujuan agar memberikan pembekalan bagi calon eksportir untuk menambah pengetahuan dan ilmu cara-cara ekspor, termasuk menambah relasi kerja.

Haryati menambahkan, bagi UMKM yang ingin mengikuti pelatihan syaratnya adalah merupakan UMKM Kota Pekalongan, mempunyai izin atau NIB, produk merupakan produksi sendiri, kualitas dan kuantitas produk harus sesuai standar ekspor. Untuk jenis produknya beragam seperti batik, olahan hasil ikan, dan sebagainya.

“Kami aktif memberikan informasi kepada UMKM untuk mengikuti ekspor yang diselenggarakan tiap tahun. Kami dorong potensi dan minat UMKM sehingga di kota Pekalongan tidak hanya nilai ekspor dan jumlah eksportir bertambah, namun juga meningkatkan kesejahteraan dan penghasilan pelaku UMKM,” kata dia. (HS-08)

Share This

Pemkab Batang Lombakan Wilayah Bebas Covid-19

Serbuan Vaksin, Ribuan Mahasiswa di Kota Pekalongan Antusias Disuntik