in

Dinas Pusdataru Jawa Tengah Lanjutkan Pembangunan Tanggul Pantai di Kota Pekalongan

Sebuah crane digunakan dalam pembangunan tanggul pantai di Kota Pekalongan. (Foto : pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Pekerjaan fisik lanjutan pembangunan tanggul pantai di pesisir utara Kota Pekalongan, mulai dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Dinas Pusdataru) Provinsi Jawa Tengah.

Terlihat alat-alat berat dan crane mulai ditempatkan di lokasi itu, untuk mempercepat pembangunan tanggul pantai, di Kecamatan Pekalongan Utara tersebut. Selama ini wilayah tersebut menjadi langganan banjir dan rob.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan, Khaerudin mewakili Kepala DPUPR Kota Pekalongan, Bambang Sugiarto,  menjelaskan pada 2021 lalu di kawasan tersebut, telah dibangun tanggul pantai sepanjang 400 meter untuk menghalau gelombang air laut.

“Kemudian, di tahun 2022 ini, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Dinas Pusdataru) Provinsi Jawa Tengah, kembali melanjutkan pembangunan tanggul pantai yang berlokasikan di sepanjang kawasan Pantai Sari Kota Pekalongan, sepanjang 700 meter. Ketinggian tanggul disamakan dengan tanggul pantai yang sudah ada sebelumnya,” kata dia, Selasa (9/8/2022), seperti dirilis pekalongankota.go.id.

Pusdataru Provinsi Jawa Tengah, akan kembali menyelesaikan pembangunan tanggul pantai ke arah barat, sampai krematorium. Adapun anggaran untuk pembangunan tahap kedua ini, mencapai Rp 12.75 miliar.

Menurutnya, penyelesaian tanggul pantai ini dilakukan sebagai upaya menahan limpasan air laut agar tidak masuk ke wilayah permukiman warga.

“Pekerjaan fisik tanggul pantai tersebut merupakan program dari Pusdataru Provinsi Jawa Tengah, namun selalu koordinasi dengan kami di DPUPR, terutama dalam  persiapan pelaksanaan pekerjaan dan perencanaan kemarin, termasuk saat sosialisasi ke warga di sekitar wilayah tersebut agar pelaksanaannya berjalan lancar dan optimal,” kata dia. (HS-08)

Alpukat Kalibening Kabupaten Semarang Diminati Tamu dari Nigeria

Calon Jemaah Haji Lansia Bisa Dapat Dispensasi