Dinas Pertanian dan Pangan Kendal Gelar Pasar Tani

Pasar Tani yang digelar di halaman DPP Kendal, Selasa (4/5/2021).

 

HALO KENDAL – Dalam rangka menstabilkan harga kebutuhan pokok, sekaligus membantu petani dan peternak dalam menjual hasilnya, Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kendal menggelar Pasar Tani, Selasa (4/5/2021).

Produk yang dijual dalam Pasar Tani ini, berupa hasil pertanian asli Kendal atau dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kendal, dengan harga yang bisa dibilang memiliki selisih dari harga pasaran.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP), Tjipto Wahjono mengatakan, pembelian nantinya akan dilakukan pembatasan atau menggunakan skala wajar dengan ukuran rumahan keluarga.

- Advertisement -

“Kita melakukan pembatasan setiap pembelian. Terutama untuk beras itu maksimal 15-25 kg, karena tujuan adanya pasar tani ini targetnya adalah rumah tangga. Sedangkan komoditi lain sesuai batas wajar,” terangnya.

Adapun beberapa bahan kebutuhan yang dijual oleh DPP di antaranya beras, telur, gula, bawang merah, bawang putih, daging beku dan cabai.

“Sementara pelaksanaan pasar tani berlangsung selama tiga hari, dimulai tanggal 4 hingga 6 Mei 2021,” jelas Tjipto.

Terkait stok yang dimiliki oleh DPP, setidaknya telah menyediakan beras segar (TTI) sebanyak tiga ton, beras mentik wangi 300 Kg, gula pasir curah 400 Kg, gula pasir kemasan pabrik 400 Kg, bawang merah 200 kg, bawang putih kating 150 kg.

“Selain itu juga ada jambu kristal 50 kg, jambu getas merah 200 kg, dan cabai rawit merah 10 kg,” imbuhnya.

Lebih lanjut Tjipto mengungkapkan, untuk komoditi yang paling sering dicari adalah beras dan telur, dimungkinkan juga cabai rawit lantaran menjelang Lebaran permintaan cabai cukup tinggi.

“Untuk harga beras segar dengan kemasan 5 kg dibandrol dengan harga Rp 44 ribu, bawang merah Rp 24 ribu/kg, dan telur dibandrol dengan harga Rp 21 ribu/kg. Beberapa harga lain dapat dilihat langsung melalui nomor layanan via WhatsApp,” ungkapnya.

Salah seorang pembeli, Ny Ghofur (50) warga Langenharjo, Kendal mengaku sangat terbantu dengan adanya pasar tani yang digelar Dinas Pertanian dan Pangan Kendal. Menurutnya harga yang ditawarkan memiliki selisih dari harga di pasaran.

“Lumayan ini harganya cukup murah dibanding di pasaran, sehingga kita sangat terbantu. Apalagi harga kebutuhan pokok sudah tinggi kalau jelang Lebaran begini,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang hendak membeli kebutuhan pokok di Pasar Tani dapat langsung mendatangi Kantor Dinas Pertanian dan Pangan atau melalui pemesanan via WhatsApp dengan melalui nomor 082-232-980-128.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.