in

Dinas Kominfo Klaten : Kabar Ajakan Mancing dan Gowes Itu Hoaks

Gambar : Klatenkab.go.id

 

HALO KLATEN – Akhir pekan pertama bulan Februari 2021 bersamaan turun nya kebijakan Jateng di Rumah Saja banyak bermunculan berita bohong alias hoax. Beberapa di antaranya adalah pesan bergambar, berisi ajakan untuk beramai-ramai gowes dan mancing pada 6 dan 7 Februari 2021.

Pesan itu diterima Dinas Komunikasi Informatika Klaten, Jumat (5/2/21) dari berbagai grup WhatsApp. Padahal pada dua hari itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedang getol menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan program Jateng di Rumah Saja.

Kepala Seksi Komunikasi dan Desiminasi Informasi Dinas Kominfo Klaten, Joko Priyono, seperti dirilis Klatenkab.go.id, menyatakan prihatin atas munculnya kabar-kabar tidak benar tersebut. Seharusnya, masyarakat serius bersama-sama pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19 ini, agar lekas berakhir. Bukan sebaliknya, justru memperkeruh suasana dengan melontarkan berita-berita hoaks.

“Kondisi sulit ini harus kita hadapi bersama. Termasuk harus bersabar dengan kebiasaan-kebiasaan kita. Stay at home dulu. Kita memang dipaksa untuk kuat. Kondisi penambahan kasus Covid 19 saat masih tinggi. Berita ajakan gowes dan mancing tanggal 6 dan 7 itu berita hoax. Jangan dipercaya,” kata dia.

Dia menambahkan Pemerintah Kabupaten Klaten mendukung penuh program “Jateng di Rumah Saja”. Dengan waktu yang sempit, Dinas Kominfo Klaten berusaha melakukan sosialisasi dan komunikasi publik, dengan pesan yang diharapkan mudah dipahami masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Klaten telah menerbitkan Surat Edaran terkait tindak lanjut Surat Edaran Gubernur Nomor 443.5/029 tanggal 4 Februari 2021. Ada 11 butir kebijakan untuk diketahui masyarakat. Kominfo berusaha menyampaikan pesan itu baik melalui rilis, berita, dan info..

“Kami akan berusaha mendekatkan informasi itu, kepada masyarakat, termasuk klarifikasi berita bohong. Kata kuncinya adalah 3T yakni tech, touch, dan truth. Kebenaran informasi itu lebih utama. Masyarakat Klaten harus pintar bermedia” kata dia. (HS-08)

Share This

Bandara A Yani Dibuka Kembali, Menhub Langsung ke Semarang

Jateng di Rumah Saja, Temanggung Sekat Perbatasan