in

Dilukis Motif Batik, JPO Pemuda Menjadi Makin Cantik

Tiang JPO di Jalan Pemuda yang dilukis dengan motif batik menarik warga yang melintas, Rabu (22/6/2022).

HALO SEMARANG – Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di ruas Jalan Pemuda tepatnya di antara Hotel Novotel dan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda terlihat menarik. Kini tiang PJO tersebut tampak makin cantik karena kedua tiangnya di kiri dan kanan dihiasi lukisan motif batik kreasi.

Tak hanya motif batik Semarangan, namun lukisan batik yang dominan warna hitam dan putih itu juga terdapat corak motif batik Solo dan Pekalongan.

Salah satu pelukis, Dodi saat ditemui di JPO Jalan Pemuda mengatakan, dirinya melukis motif batik di tiang JPO ini sudah sekitar dua minggu.

“Motifnya batik kreasi, segala corak batik. Campuran, ada batik Pekalongan, Solo dan Semarangan,” katanya, Rabu (22/6/2022).

Batik Semarangan, dia menerangkan, ada corak Tugumuda dan Pohon Asem.

“Ciri khasnya kan ada Tugumuda dan Pohon Asem,” ujarnya.

Dijelaskan, bahwa untuk melukis motif batik kreasi ini dirinya menggunakan cat tembok. Tidak ada kesulitan saat pengerjaan tersebut dan hanya butuh alat tangga untuk memanjat dan menjangkau tempat yang cukup tinggi.

Disebutkan untuk melukis hanya butuh dua orang. Dan lamanya pengerjaan akan tergantung ukuran media yang dilukis dan tempatnya.

Selain di Jalan Pemuda, dirinya juga mengerjakan lukisan di pot-pot bunga dan hiasan bola-bola di sepanjang Jalan Protokol. Seperti pot bunga di Jembatan Banjir Kanal Barat, Kawasan Kotalama, dan Madukoro.

“Motifnya bunga-bunga, kalau di Terowongan Alteri Soekarno-Hatta asa lukisan gambar wayang. Kalau di sana ukuran cukup besar tinggi 3 meter dan lebar 1,5 meter,” terangnya.

Salah-satu warga Anik mengatakan, adanya hiasan lukisan motif batik di PJO ini cukup bagus. Sehingga bisa buat foto-foto dan menambah cantik pemandangan di jalan protokol.

“Kalau cantik gini dan indah warga jadi betah bersantai di sekitar sini. Dan bisa dimanfaatkan untuk tempat warga nongkrong. Semoga warga bisa menjaga tidak ada yang mencoret-coret,” pungkas Anik. (HS-06)

Polri Kawal Deportasi Mitsuhiro Taniguchi Sampai Diterima Polisi Jepang

Pembiayaan Mikro, Dorong Kebangkitan Sektor Kelautan dan Perikanan dengan Bantuan Permodalan Nelayan