Dikunjungi Komandan Sektor Timur UNIFIL, Pasukan Garuda Tarikan Gending Sriwijaya

Kunjungan Komandan Sektor Timur UNIFIL, Brigadier General Javier Miragaya Prieto. (Foto : TNI.mil.id)

 

HALO SEMARANG – Komandan Sektor Timur UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon), Brigadier General Javier Miragaya Prieto, mengunjungi wilayah penugasan kompi-kompi yang merupakan Area of Responsibility (AoR) Indobatt.

Javier juga meninjau Markas Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-O/UNIFIL di  UNP 7-1, Lebanon.

Seperti dirilis TNI.mil.id, kemarin Kunjungan Komandan Sektor Timur yang dilakukan Sabtu, 23/1/2021 lalu itu, merupakan kunjungan pertama  untuk melihat wilayah  penugasan kompi-kompi yang merupakan AoR   Indobatt. Selain itu juga meninjau langsung markas Indobatt, yang berada di bawah kepemimpinannya.

Kunjungan kehormatan Komandan Sektor timur, disambut oleh Komandan Kontingen Indonesia UNIFIl 2021, sekaligus Komandan Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-O/UNIFIL, Kolonel Inf Amril Haris Isya Siregar SE MM.

Adapun yang hadir pada acara tersebut, SE CO MA Chief of PIO Lt Col  Fernando Bonelli Perez Viñeta dan Chief of Operation Juan Gonzalez Vergara Captain Alejandro Loureiro Amor.

Pada acara penyambutan, para anggota TNI menarikan Gending Sriwijaya yang berasal dari Palembang. Selain sebagai bentuk penghormatan, pertunjukan tarian ini, juga untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia.

Sementara itu menurut Wikipedia, Tarian Gending Sriwijaya, seperti yang ditarikan dalam penyambutan Brigadier General Javier Miragaya Prieto, biasanya dipertunjukkan untuk menyambut para tamu istimewa yang bekunjung ke daerah tersebut.

Tarian Gending Sriwijaya, berasal dari masa kejayaan kemaharajaan Sriwijaya di Kota Palembang, yang mencerminkan sikap tuan rumah yang ramah, gembira dan bahagia, tulus dan terbuka terhadap tamu yang istimewa itu.

Tarian Gending Sriwijaya digelarkan sembilan penari, yang berbusana Adat Aesan Gede, Selendang Mantri, paksangkong, Dodot dan Tanggai. Mereka merupakan penari inti yang dikawal dua penari lainnya membawa payung dan tombak.

Dulu tarian ini diiringi penyanyi Gending Sriwijaya. Tetapi saat ini, peran penyanyi dan musik pengiring ini, kadang-kadang tergantikan pula oleh rekaman. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.