in

Dikenalkan DPMPTSP, HIPMI Kendal Dukung Aplikasi Si Mitra Harum

Kunjungan DPMPTSP Kendal ke kantor HIPMI Kendal beberapa waktu lalu.

HALO KENDAL – Dalam upaya memperkuat UMKM sebagai fondasi dan ketahanan stabilitas ekonomi di Kabupaten Kendal, sinergitas antara Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kendal dan Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Kendal akan lebih ditingkatkan lagi.

Hal tersebut diwujudkan dengan kunjungan DPMPTSP ke kantor HIPMI Kendal beberapa waktu lalu. Kunjungan dilaksanakan guna membahas sinergitas DPMPTSP dan HIPMI guna mewujudkan UMKM supaya dapat naik kelas.

Kunjungan DPMPTSP dipimpin Sub Koordinator Promosi dan Informasi Penanaman Modal, Desanti Filiani dan disambut Ketum BPC HIPMI Kendal, Ariffianto, Sekum, Khusnul Khidad, dan Ketua Bidang 3, Abi Daulah Haque.

Pada kesempatan tersebut dari DPMPTSP, Desanti Filiani memperkenalkan sebuah aplikasi yang diberi nama Si Mitra Harum (Digitalisasi Fasilitasi Kemitraan Strategis Usaha Besar dan Usaha Kecil Menengah) di Kendal.

“Khususnya terkait dengan pendampingan dan pengembangan dunia usaha terutama dalam upaya memperkuat UMKM sebagai fondasi dan ketahanan stabilitas ekonomi di kabupaten Kendal,” terangnya.

Desanti menjelaskan tentang potensi aplikasi Si Mitra Harum merupakan platform digital yang dibuat terbentuk peta lokasi agar terkumpul data dari pengusaha-pengusaha besar dan UMKM yang siap bermitra dengan perusahaan yang ada di kawasan industri Kendal (KIK). Sehingga menjadi perluasan pasar bagi pengusaha muda HIPMI dan UMKM.

“Aplikasi ini akan dilaunching pada akhir Oktober di DPMPTSP Kendal dan menjadi basis data kuat Pemerintah Kendal untuk menaikkan kelas pengusaha-pengusaha muda di daerah,” jelasnya.

Desanti menambahkan, aplikasi Si Mitra Harum sebenarnya menjadi basis peta lokasi dan data perusahaan besar dan UMKM di Kendal untuk perluasan pasar menjadi mitra perusahaan-perusahaan yang ada di kawasan industri Kendal (KIK) untuk membuat para UMKM naik kelas.

Sementara Ketua Umum BPC HIPMI Kendal, Ariffianto mengatakan, HIPMI selalu berupaya mendorong pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk naik kelas. Salah satunya dengan melakukan penguatan integrasi digital antara UMKM dengan perusahaan besar yang ada di KIK untuk bermitra.

Untuk itu, HIPMI Kendal mendukung terobosan dengan aplikasi Si Mitra Harum yang dikembangkan Desianti dari DPMPTSP yang rencananya akan dilaunching pada nanti akhir Oktober 2023.

“Kami dari HIPMI Kendal selalu berupaya mendorong pelaku UMKM untuk naik kelas melalui penguatan integrasi digital antara UMKM bermitra dengan perusahaan besar terutama yang ada di dalam KIK yang difasilitasi oleh DPMPTSP, dalam hal ini lewat aplikasi Si Mitra Harum yang sedang dikembangkan oleh Bu Desianti,” ujar Ariffianto, Kamis (19/10/2023).

Sedangkan Sekum BPC HIPMI Kendal, Khusnul Khidad menyampaikan harapan, ada proses lanjutan yang menghasilkan kerja sama yang melibatkan HIPMI.

“Khususnya dalam konsep pendampingan dengan pengusaha-pengusaha kecil menengah untuk mendapat pelatihan marketing digitalisasi, perizinan dokumen yang diperlukan agar mereka bisa naik kelas,” ungkapnya.(HS)

Penemuan Mayat di Bandengan Gegerkan Warga Kendal

Sukseskan Operasi Mantap Brata, Ditlantas Polda Jateng Gelar Simulasi Pengawalan