in

Dijual di Toko Modern, 12 Produk UMKM Brebes Naik Kelas

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menunjukkan produk UMKM Brebes yang dipasarkan di toko modern Indomaret. (Foto : Brebeskab.go.id)

 

HALO BREBES – Sebanyak 12 macam produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Brebes, kini sudah dipajang sejajar dengan produk-produk nasional, di gerai-gerai Indomaret di wilayah itu.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menilai, pemasaran melalui toko modern itu, merupakan bukti bahwa produk UMKM di wilayahnya “naik kelas”, sejajar dengan produk-produk nasional.

Pemasaran produk UMKM di toko modern tersebut, dilakukan setelah Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, dan Branch Manager Cirebon PT Indomarco Prismatama L Sanjaya Trio Purnomo, menandatangani memorandum of understanding (MoU) di halaman toko Indomaret Alun-alun Brebes, Selasa (21/9).

Bupati, mengapresiasi langkah PT Indomarco Prismatama, selaku pengelola Toko Modern Indomaret, yang sudah bersinergi dengan Pemkab Brebes. Sehingga kemajuan UMKM makin kuat sebagai penopang perekonomian masyarakat.

Menurut Bupati, masuknya produk-produk UMKM Brebes ke Indomaret, jaringan toko modern ini, tidak hanya mengutamakan laba usaha, melainkan juga bermanfaat besar bagi pelaku ekonomi lokal.

Selain kerja sama dengan Indomaret, UMKM Brebes juga sudah menjalin kerja sama dengan Alfamart, Bukalapak, dan PT KAI. Produk-produk lokal ini juga sudah dipasarkan melalui Lapakemane, yang beberapa waktu lalu diresmikan Bupati.

Untuk itu, Idza juga wanti-wanti kepada para pelaku UMKM untuk meningkatkan mutu produk, kemasan, dan jenis jenis pemasaran lain. Semakin luasnya pemasaran produk UMKM, maka seluruh pelaku UMKM agar dapat memperhatikan beberapa hal penting diantaranya, selalu menjaga kualitas produk agar lebih menarik dan diminati. Serta memenuhi standar produk yang dipersyaratkan sehingga mampu bersaing dengan produk-produk lainya.

Branch Manager L Sanjaya Trio Purnomo menyampaikan, saat ini baru ada 12 macam produk UMKM Brebes yang siap dipasarkan di 90 gerai Indomaret. Dia berharap kedepan akan lebih banyak lagi produk UMKM Brebes yanga memenuhi syarat bisa dipasarkan di Indomaret. Pihaknya menargetkan ada 5 persen UMKM Brebes yang bisa memenuhi rak-rak outlet Indomaret.

“Kerja sama semacam ini, tentunya selaras dengan manajemen Indomaret sebagai perusahaan ritel, dengan menggandeng UMKM lokal untuk maju bersama-sama,” tegas L Sanjaya, seperti dirilis Brebeskab.go.id.

Hadir dalam Launching Produk UMKM Brebes Masuk Indomaret antara lain Wakil Bupati Brebes Narjo, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Sekda Brebes Tety Yuliana, Asisten bidang Administrasi Sekda Brebes Yuta Sugiharti, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan, Zaenudin dan Kepala OPD lain yang diundang hadir. (HS-08)

Share This

Lapakemane, Geliat Rumah Jajanan UMKM Brebes

Musim Hujan, Dewan Minta Pemkot Segera Lakukan Sejumlah Langkah Cegah Banjir