in

Diguyur Hujan Berhari-hari, Beberapa Permukiman Warga di Kendal Tergenang Air

Tangkapan gambar banjir di Perumahan Brangsong, Kamis dinihari (14/3/2024)

HALO KENDAL – Akibat hujan yang terjadi sejak Minggu (10/3) hingga Rabu (13/3), membuat sejumlah wilayah permukiman di Kabupaten Kendal terdampak banjir. Diantaranya di wilayah Kecamatan Kendal, Brangsong dan Kaliwungu.

Berdasarkan laporan BPBD Kendal, di Kecamatan Kendal, beberapa kelurahan yang terdampak banjir, mulai dari Kelurahan Trompo, Sukodono, Sijeruk, Kalibuntu Wetan, Kebondalem, Pegulon, Pekauman, Patukangan, Ngilir hingga ke muara sungai Kendal di Kelurahan Bandengan dengan rata-rata ketinggian air 20 sentimeter.

Sementara banjir juga dikabarkan menggenangi sebagian wilayah Kecamatan Brangsong, terjadi di Perumahan Brangsong; dan di ruas Jalan Kiai Asy’ari Kecamatan Kaliwungu, dari samping Masjid Al Muttaqin hingga depan Pasar Gladak.

Salah seorang warga perumahan Brangsong, Wahyudi (55) mengatakan, banjir mulai masuk kampung pada Rabu (13/3) sekira pukul 11.00 WIB, dan pada Kamis (14/3) sekira pukul 01.30 WIB banjir mulai masuk ke rumahnya dengan ketinggian air 20 sentimeter.

“Jam sebelas banjir mulai masuk kampung, dan sekarang jam setengah dua pagi, banjir masuk ke rumah kami dengan ketinggian dua puluh sentimeter,” ujarnya dalam unggahan tayangan video, Kamis (14/3/2024).

Sementara warga Kampung Pesantren, Desa Krajan Kulon Kecamatan Kaliwungu, Rosidah mengatakan, saat hujan deras di jalan Kiai Asy’ari Kaliwungu selalu terdampak banjir.

“Ya ini di ruas jalan Kiai Asy’ari atau jalan Kiai Guru banjir menggenang sampai 30 sentimeter dan hujan belum berhenti. Semoga banjir tidak membesar,” ujarnya, Rabu (13/3/2024).

Sementara akibat hujan tiada henti selama beberapa hari dengan curah cukup tinggi membuat akses jalan dari jalan Masjid menuju ke Pasar Kendal terendam banjir setinggi 40-50 sentimeter.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kendal, Ali Sutariyo saat dikonfirmasi potensi luapan sungai di Kendal berharap, hujan segera reda.

“Luapan sungai, kalau potensi tidak hujan terus Insya-Allah sungai tidak akan luber atau limpas gitu,” ujarnya. (HS-06)

 

Tinggal Tunggu Pengesahan UFC

Wonderkid PSIS Dapat Panggilan Timnas U-20