in

Digitalisasi Pasar Tradisional, Pedagang Minta Pendampingan

Regional CEO BRI Semarang, Wahyu Sulistiyono bersama Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat meluncurkan aplikasi pasar digital di Pasar Bulu, Kamis (7/10/2021).

 

HALO SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang terus berupaya melakukan digitalisasi pasar tradisional. Kali ini, Bank Rakyat Indonesia (BRI) digandeng meluncurkan aplikasi pasar digital di Pasar Bulu, Kamis (7/10/2021).

Simulasi penggunaan transaksi digital menggunakan aplikasi belanja pasar.id dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dilakukan untuk memfasilitasi kemudahan masyarakat dalam berbelanja di pasar tradisional.

Akan tetapi, kemudahan yang ditawarkan pemerintah belum sepenuhnya menjadikan pedagang pasar tradisional gampang untuk beradaptasi.
Seperti yang diungkapkan Badriah (64), baginya program tersebut sangat bagus demi mewujudkan digitalisasi.

Ia mendukung adanya perubahan transaksi manual menjadi digital, namun, dirinya mengaku belum bisa menerapkan kemudahan tersebut.

“Itu bagus, kalau kami yang umurnya sudah tua-tua begini cukup kesulitan. Bisa dibilang gaptek (gagap teknologi). Tetapi bagi pedagang-pedagang yang muda, mereka pasti bisa menggunakan,” kata Badriah satu di antara pedagang pakaian Pasar Bulu saat ditemui halosemarang.id di kiosnya.

Serupa pun diungkapkan oleh Abdul Rohim (36). Pedagang arloji itu mengatakan, meskipun sudah pernah dilakukan sosialisasi, ia belum mengetahui cara-cara penggunaan aplikasi tersebut. Menurutnya, perlu pendampingan lebih lanjut.

“Sebelum acara ini, sudah ada sosialisasi penggunaan aplikasi, tapi hanya perwakilan pedagang saja,” terangnya.

Menanggapi hal itu, Regional CEO BRI Semarang, Wahyu Sulistiyono mengatakan, ke depan akan dilakukan pendampingan kepada pedagang terkait penggunaan aplikasi QRIS dan Pasar.id.

“Nanti etap ada pendampingan dan pelatihan kepada para pedagang Pasar Bulu melalui teman-teman yang ada di Rumah BUMN Semarang,” tuturnya.(HS)

 

Share This

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Jumat (8/10/2021)

Ini Petuah Pembalap Senior buat Rider Muda