in

Dies Natalis Ke- 34, USM Dorong Mahasiswa Ikuti Perubahan

Rektor Universitas Semarang (USM), Andy Kridasusila, SE, MM menjadi narasumber Webinar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam rangka peringatan Dies Natalis ke-34.

 

HALO SEMARANG – Universitas Semarang (USM) gelar Webinar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk meningkatkan kompetensi lulusan yang unggul dan berkarakter dalam tatanan normal baru, Rabu (30/6/2021).

Sebanyak 1.300 peserta mengikuti webinar yang termasuk rangkaian peringatan Dies Natalis ke-34 USM ini.

Hadir sebagai nara sumber, Rektor USM Andy Kridasusila, SE, MM dan Tim Kurikulum Pendidian Tinggi Prof Dr Edy Cahyono, MSi.

Andy menuturkan, perubahan pesat terjadi pada perguruan tinggi sebagai salah satu unsur melahirkan sumber daya unggul. Ia berharap, dapat bersinergi dalam menghadapi perubahan saat ini.

“Mahasiswa USM kami dorong untuk mengikuti perubahan sesuai kebijakan pemerintah melalui Kemendikbudristek, yaitu terkait kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan mahasiswa USM saat ini sudah ikut aktif untuk ikut program kampus mengajar,” tutur Andy.

Sementara, nara sumber lainnya, Edy Cahyono mengatakan, dalam perkembangan pengetahuan dan teknologi, terdapat permasalahan di pendidikan tinggi. Di antaranya, profil lulusan, daya serap lulusan di dunia kerja, kesesuaian pembelajaran dengan kebutuhan pengguna.

“Proses pendidikan yang modern, di seluruh perkembangan dimulai dari universitas. Nantinya akan dikembangakan menjadi student outcomes atau capaian dalam pembelajaran. Lulusan menetapkan visi misi universitas, dengan itu perlu dilakukan evaluasi sehingga rumusan yang tadinya ditetapkan akan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kemudian, nantinya CPL yang akan dikembangkan melalui kurikulum dan implementasinya melalui RPS,” kata Edy.

Selain itu, Edy memberikan pengetahuan tentang program MBKM secara lugas. Ia juga mengapresiasi USM yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk mengikuti program yang ditawarkan oleh Kemendikbudristek.

Selain dua nara sumber, dalam kesempatan tersebut hadir pejabat struktural USM, Pembina Yayasan Alumni Undip, Pengurus Yayasan Alumi Undip, dan para mitra USM.(HS)

Share This

Sejak Pandemi Covid-19, Pemahaman Masyarakat Akan Wedang Rempah Meningkat

Ganjar Acungi Jempol Kekompakan Jogo Tonggo Warga Wirun Purworejo