in

Diduga Mabuk Saat Adu Renang, Seorang Pria Meninggal Dunia Tenggelam Di Embung Bapangan Jepara

Proses evakuasi korban yang tenggelam di embung Bapangan, Kabupaten Jepara pada Senin ( 16/8/21) dini hari.

 

HALO JEPARA – Tim SAR Gabungan mengevakuasi jasad seorang pria yang tenggelam di Embung Bapangan, Kabupaten Jepara pada Senin (16/8/2021).

Korban bernama MFS (25) warga Kelurahan Bapangan, Kecamatan Bapangan, Kabupaten Jepara berhasil ditemukan oleh tim SAR Gabungan pukul 00.15 WIB.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menjelaskan, kejadian bermula ketika hari Minggu (15/8/2021) sekitar pukul 15.30 WIB, korban lomba berenang bersama temannya dari pinggir embung Barat ke arah Timur. Namun, ketika belum sampai tepi, korban kemudian tidak kuat atau kecapekan dan akhirnya tenggelam.

“Kedua temannya sudah berusaha menolong tetapi tidak berhasil,” katanya.

Dia mengatakan, diketahui korban pergi ke lokasi kejadian besama dua teman, namun salah satunya masih di atas dan tidak ikut renang ke dalam embung. Diketahui pula, korban saat itu diduga sedang dalam kondisi mabuk yang dipaksakan untuk lomba renang, dan akhirnya hilang.

“Diduga keduanya dalam kondisi mabuk, kemudian lomba berenang akhirnya tenggelam,” ungkapnya.

Setelah mendapat informasi, kata dia, pihaknya langsung memerintahkan Koordinator Pos SAR Jepara, Whisnu Yuas memberangkatkan satu tim rescue untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan disertai alut SAR air.

“Upaya pencarian tim SAR gabungan dengan metode penyisiran dengan perahu karet, penyelaman di area tempat kejadian dan circle dengan menggunakan jangkar,” bebernya.

Dia menerangkan, saat kejadian kedalaman Embung Bapangan mencapai 6 meter. Kemudian untuk mempermudah pencarian pihak pengelola membuka pintu air hingga kedalaman embung menjadi 3 meter.

“Setelah upaya pencarian selama 10 jam korban berhasil ditemukan di sekitar tempat kejadian dalam keadaan meninggal dunia. Selanjutnya korban dibawa ke RSUD Kartini Kabupaten Jepara,” imbuhnya.

Dengan ditemukannya korban maka operasi SAR dinyatakan selesai dan tim SAR yang terlibat kembali kesatunnya masing-masing.(HS)

Share This

DPRD Kendal Gelar Rapat Paripurna Dengan Agenda Dengarkan Pidato Kenegaraan

Himmatisi USM Gelar Workshop Desain Grafis