Diduga Korupsi Pengadaan Barang, Bupati Kutai Timur Ditangkap KPK

Ilustrasi kriminal.

 

HALO SEMARANG – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan menangkap Bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur berinisial Ismunandar. Dia diamankan dalam operasi senyap yang digelar tim penindakan pada, Kamis, 2 Juli 2020 malam.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, penangkapan terhadap Ismunandar dan beberapa pihak di Kutai Timur diduga terkait tindak pidana korupsi pengadaan barang dan jasa di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur.

“Tadi malam ada giat tertangkap tanganya para pelaku korupsi berupa menerima hadiah atau janji dalam pengadaan barang dan jasa di salah satu kabupaten di wilayah Kalimantan Timur,” ujar Firli, Jumat pagi (3/7/2020).

Firli masih belum mau membeberkan lebih jauh soal penangkapan yang dilakukan pihaknya. Dia berjanji akan menyampaikan informasi detail ke publik setelah proses penindakan selesai.

“Mohon dimaklumi juga asas praduga tak bersalah, mari kita kedepankan profesionalitas, akuntabilitas dan junjung tinggi HAM. Kami akan sampaikan semuanya setelah pengumpulan keterangan dan barang bukti selesai,” kata dia.

Sebagai informasi, KPK dikabarkan juga menyegel Rumah Dinas Bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur, Ismunandar, Kamis (2/7/2020) malam.

Selain rumah bupati, KPK juga menyegel Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kutai Timur.

Dua bangunan tersebut berlokasi di kawasan Pemerintah Bukit Pelangi, Sangatta.

Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang mengaku tak mengetahui ada operasi KPK di Kutai Timur.

Saat disinggung keberadaan Bupati pun, Kasmidi mengaku tak mengetahui pastinya.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui secara pasti dalam kasus apa KPK menyegel sejumlah bangunan di Kutai Timur.

Sebelumnya diberitakan, KPK menggelar operasi tangkap tangan di provinsi Kalimantan Timur, Kamis (2/7/2020) kemarin.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, seorang bupati di provinsi Kalimantan Timur ikut terjaring dalam operasi tangkap tangan tersebut.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.