in

Diduga Depresi, Wanita Di Pati Ini Ditemukan Meninggal Dunia Di Dalam Sumur

Proses evakuasi korban yang jatuh ke dalam sumur, Jumat (25/6/2021).

 

HALO PATI – Suci Purwati (37), warga Tlogosari RT 07/RW 01 Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, ditemukan meninggal dunia setelah jatuh ke dalam sumur, Jumat (25/6/2021). Korban berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan setelah memperoleh aduan dari warga.

Korban diduga mengalami depresi dan memutuskan mengakhiri hidupnya dengan melompat ke dalam sumur tertutup dengan kayu yang sudah tidak terpakai.

Kepala Basarnas Samarang, Nur Yahya menceritakan, kronologi kejadian Kamis (24/06/2021) sekitar 21.30 WIB korban mengeluh kecapekan dan minta dipijitin adiknya hingga pukul 23.00 WIB.

“Pukul 03.30 WIB, adiknya bangun melihat kakaknya sudah tidak ada di tempat dan dilakukan pencarian. Keluarga kemudian menemukan sandal dipinggir sumur. Setelah diperiksa ternyata ditemukan korban berada di dalam sumur,” ujar Yahya menirukan keterangan saksi.

Dengan informasi tersebut, Kepala Basarnas Semarang kemudian memperintahkan Koordinator Basarnas Pos SAR Jepara, Whisnu Yuas memberangkatkan satu tim rescue untuk melakukan evakuasi disertai peralatan SAR Vertikal.

Whisnu Yuas menjelaskan, metode evakuasi dengan sistem lowering satu rescuer turun dengan tali untuk mengikat tubuh korban untuk menarik tubuh korban dengan sistem lifting.

“Kondisi sumur dicurigai ada gas yang berbahaya. Maka tim SAR gabungan berupaya menetralisir oksigen dengan bantuan blower,” ungkapnya.

Setelah upaya kurang lebih 30 menit, korban berhasil diangkat ke atas dalam keadaan meninggal dunia. Informasi dari keluarga, korban diketahui mengalami depresi. Namun dia tak menceritakan secara detail penyebab depresinya. Selanjutnya korban dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan.

Lebih lanjut, evakuasi melibatkan berbagai unsur SAR gabungan di antarnya Basarnas, BPBD, Polres, Damkar, puskesmas Satpol PP, Polsek, Koramil, Palupi, Baretta, Kemban Joyo.

“Kami juga dibantu keluarga dan warga sekitar. Dengan berhasilnya evakusi ini, maka operasi SAR dinyatkan selesai dan tim SAR gabungan kembali kesatuannya masing- masing,” pungkasnya.(HS)

Share This

Pasar Tradisional di Zona Merah Ditutup, Salat Jumat Ditiadakan

Demokrat Prihatin Sikap Moeldoko yang Gugat Kemenkumham