in

Didominasi Lansia, Bupati Semarang Imbau Calhaj Saling Bantu

Bupati Semarang, H Ngesti Nugraha, mengikuti pembukaan manasik haji Kabupaten Semarang tahun 2023, di aula Masjid Al Mabrur, Ungaran, Selasa (9/5/2023). (Foto : semarangkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – Kabupaten Semarang mendapatkan kuota calon jemaah haji (calhaj) sebanyak 880 orang pada tahun 2023 ini.

Dari jumlah itu sebanyak 531 orang termasuk kategori lanjut usia (lansia) di atas usia 60 tahun.

Hal itu disampaikan Bupati Semarang, H Ngesti Nugraha, di hadapan ratusan calhaj yang mengikuti pembukaan manasik haji Kabupaten Semarang tahun 2023, di aula Masjid Al Mabrur, Ungaran, Selasa (9/5/2023).

“Saya berharap para pendamping calon haji termasuk petugas kesehatan untuk memberikan perhatian lebih kepada mereka,” kata Bupati.

Ngesti Nugraha meminta para calon jemaah haji yang masih muda dan berfisik sehat, untuk membantu para lansia.

“Jangan hanya memikirkan diri sendiri,” kata dia, seperti dirilis semarangkab.go.id.

Bupati juga mengimbau para calhaj, untuk menjalankan ibadah sesuai arahan pendamping. Sehingga dapat mengikuti dan menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah dengan baik.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Semarang Titik Halimah menjelaskan kuota jemaah haji reguler Kabupaten Semarang menghasilkan verifikasi kedua sebanyak 814 orang dengan cadangan sebanyak 66 orang.

Tahun ini diprioritaskan calhaj Lansia. Sampai dengan batas akhir pelunasan biaya penyeleggaraan ibadah haji (BPIH) tanggal 8 Mei lalu, sebanyak 765 calhaj telah lunas.

“Informasi terbaru, ada perpanjangan batas pelunasan sampai 12 Mei mendatang. Karena ada tambahan kuota nasional sebanyak delapan ribu calhaj. Diharapkan para calhaj cadangan dapat berangkat semua,” terangnya.

Titik juga menyebutkan ada 35 calhaj yang memiliki keterbasan bergerak karena menggunakan kursi roda dan alat bantu jalan.

Dia menegaskan para pendamping akan bekerja keras membantu mereka menjalankan rangkaian ibadah haji di tanah suci.

“Tahun ini akan menjadi rombongan haji yang ramah lansia,” tegasnya.

Kegiatan manasik haji menyasar calhaj tunda 2020, tunda 2022, urut porsi dan prioritas lansia.

Tujuannya agar mereka kelak dapat lebih mandiri dan mampu menjalankan ibadah haji sesuai syariat dan ketentuan yang berlaku. (HS-08)

Ribuan Anggota Satlinmas Kabupaten Semarang Terima Insentif

Buka Bimbingan Manasik Haji, Pj Bupati Jepara : Siapkan Fisik dan Mental