in

Dico: Pemuda Harus Berperan Dalam Pembangunan Di Kendal

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto usai membuka kegiatan pengembangan kapasitas daya saing kepemudaan, di salah satu objek wisata di daerah Kecamatan Boja, Sabtu (5/6/2021).

 

HALO KENDAL – Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menghadiri kegiatan pengembangan kapasitas daya saing kepemudaan, di salah satu objek wisata di daerah Kecamatan Boja, Sabtu sore (5/6/2021).

Kegiatan yang digelar oleh Disporapar Kendal yang mengangkat tema “Advokasi Pengembangan Diri Sebagai Media Re-Organisasi Kepemudaan” tersebut, diikuti oleh 75 orang dari organisasi kepemudaan di bawah naungan DPD KNPI Kabupaten Kendal.

Dalam sambutannya Dico mengungkapkan, dirinya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini.

Menurutnya, pemuda adalah sosok individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami pertumbuhan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional.

“Pemuda harus ikut berperan dalam pembangunan, baik saat ini maupun masa datang. Saya berharap, apa yang dikerjakan oleh DPD KNPI Kendal ini nantinya bisa selaras dengan apa yang menjadi visi-misi Pemerintah Kabupaten Kendal,” kata Dico.

Ditegaskan, kondisi sosial kepemudaan yang terjadi di Kabupaten Kendal hampir seimbang antara jumlah pemuda laki-laki dan perempuan.

“Pemuda usia 16-30 tahun di Kabupaten Kendal terdiri dari 115.304 laki-laki dan 110.312 perempuan, sehingga total keseluruhannya berjumlah 225.616 orang,” papar Dico.

Ditambahkan, hal ini perlu adanya pemberdayaan bagi pemuda di Kabupaten Kendal, untuk menciptakan kualitas yang berdaya saing global.

“Dibutuhkan adanya re-thinking (pemikiran kembali) dan re-inventing (penemuan kembali) dalam nation character building (pembangunan karakter bangsa) bagi pemuda yang berwawasan kebangsaan dan patriotisme untuk menemukan kembali jati diri bangsa,” ungkap Dico.

Pembinaan organisasi kepemudaan, lanjutnya, sebagai bentuk nyata perhatian pemerintah Kabupaten Kendal terhadap kemajuan dan pengembangan potensi kepemudaan melalui pembinaan organisasi kepemudaan.

Menurutnya, peningkatan kualitas diri pemuda merupakanujung tombak dari perubahan zaman.

“Dengan terwujudnya pemuda yang berdaya saing dapat meningkatkan roda perekonomian global terkhusus di kabupaten kendal akibat pandemi,” pungkas Dico.(HS)

Share This

M Dias Saktiawan: Kami Khawatir Muncul Klaster Pengacara

Saat Pandemi, Bali Dinilai Paling Siap Gelar Munas Kadin