Dialog Remaja Arimba Selama Ramadan, Cerdaskan Generasi Muda

Kanit Binmas Polsek Godong, Ipda Agus Puryanto menerima plakat sebagai narasumber Dialog Remaja dengan tema Bahaya Sosial Media diselenggarakan Arimba di Masjid Baitussalam Godong, Jumat (16/4/2021) malam.

 

HALO GROBOGAN – Bulan suci Ramadan menjadi momentum bagi Aktivis Remaja Islam Masjid Baitussalam (Arimba) Desa Godong, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan untuk berbagi ilmu.
Dalam menyambut Ramadan, Arimba mengadakan serangkaian Dialog Remaja yang diselenggarakan di Masjid Baitussalam Godong, Jumat (16/4/2021) malam.

Bahaya Sosial Media diambil menjadi topik perbincangan pada dialog remaja, malam itu. Hadir sebagai narasumber Kepala Unit (Kanit) Pembinaan Masyarakat (Binmas) Kepolisian Sektor (Polsek) Godong, Ipda Agus Puryanto.

Agus menuturkan, perkembangan teknologi yang semakin canggih sejalan dengan hilangnya kendali pemakai sosial media. Hal ini, terbukti banyaknya masyarakat yang terjerat Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

- Advertisement -

“Pada saat ini perkembangan media sosial sangat pesat sekali, kok pemakai media sosial semakin ke sini menjadi kebablasan,” kata Agus saat dialog bersama remaja.

Dijelaskan Agus, kehidupan maya jika tidak ditangani secara betul akan menciptakan suasana yang dapat memecahkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jika dibatasi dengan UU ITE dapat menaungi dan menciptakan kesejukan antara masyarakat, sehingga kehidupan dapat betul-betul tenteram,” imbuhnya.

Bagi Agus, remaja wajib waspada dan bijak dalam menggunakan sosial media. Langkah tersebut harus didukung dengan acara diskusi atau dialog seperti ini.

Dengan begitu, lanjut Agus, dapat membantu remaja untuk menanggulangi penyebaran hoax atau berita bohong serta informasi yang mengarah pada ujaran kebencian.

“Bahaya sosial media memang harus diwaspadai remaja. Dengan diberikan penjelasan UU ITE ini diharapkan para remaja terutama di lingkungan Desa Godong tidak menggunakan sosial media secara sembarangan, harus berhati-hati,” kata Agus.

Saat sesi tanya jawab, dialog tersebut nampak terlihat gayeng. Para remaja, baik putra maupun putri aktif merespon penjelasan yang diberikan Agus.

“Tanggapan para adik-adik remaja sangat bagus, enjoy, sehingga ketika saya menjelaskan itu juga enak, seperti kakak ke adik gitu. Saya sangat setuju sekali dan mendukung, kebetulan dialog remaja semacam ini baru pertama kali di Desa Godong, apalagi di masjid,” tambahnya.

Masih dalam suasana di tengah pandemi Covid-19, Agus tidak lupa mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Di kesempatan yang sama, Ketua Arimba, Sholecul Hadi mengatakan, terselenggaranya dialog ini tidak lain sebagai upaya mengajak remaja untuk peduli kepada sesama dan masa depannya.

“Acara ini digagas, sebagai bentuk kepedulian kepada remaja. Dari pada para remaja berseliweran di tempat yang tidak jelas, mending kumpulan di sini tidak lama dan sederhana tapi mendapatkan ilmu yang bermanfaat,” kata Sholecul kepada halosemarang.id.

Sholecul meyakini, dengan terselenggara dialog remaja ini dapat membuahkan pengetahuan dan wawasan yang bermanfaat untuk bekal remaja bermasyarakat.

“Harapannya, setidaknya mereka tahu bahwa di lingkungan kita itu nanti dia (remaja) bermasyarakat jadi akan tahu langkah-langkah apa yang akan mereka ambil,” imbuhnya.

Sebagai informasi, acara ini adalah dialog remaja yang kedua kalinya diselenggarakan oleh Arimba. Sebelumnya dialog remaja Arimba telah terlaksana dengan tema Tetap Glowing dan Bugar Saat Berpuasa dengan pemateri dari Dinas Kesehatan Kecamatan Godong.

Rangkaian dialog remaja masih akan dilakukan selama bulan Ramadan, setiap pukul 20.30 atau setelah selesai salat tarawih.

Berikut topik perbincangan dialog remaja selanjutnya: Pernikahan dini (19/4/2021), Kepemudaan dan kebangsaan (23/4/2021), Usaha dan Bisnis di Era Milenial (27/4/2021), Pergaulan Remaja Muslim di Era Milenial (30/4/2022), dan Bahaya Radikalisme (4/5/2021).(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.