in

Dialog Pemuda, Plh Bupati Kendal: Pemuda Harus Berperan dalam Pembangunan Daerah

Dialog Pemuda yang digelar KNPI Kabupaten Kendal, dengan menghadirkan narasumber Plh Bupati Kendal, Windu Suko Basuki dan Ketua DPD KNPI Kendal, Parno, di salah satu kafe di Sukorejo, Sabtu (16/7/2022).

HALO KENDAL – Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) Kabupaten Kendal, menggelar Dialog Pemuda dengan tema “Sinergitas Pemuda dan Kontribusinya dalam Pembangunan Daerah” yang digelar di salah satu kafe di Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Sabtu (16/7/2022).

Acara yang diikuti oleh ormas kepemudaan dari berbagai wilayah di Kabupaten Kendal tersebut, menghadirkan nara sumber Plh Bupati Kendal, Windu Suko Basuki dan Ketua DPD KNPI Kabupaten Kendal, Parno.

Windu Suko Basuki atau yang akrab disapa Pakde Bas dalam pemaparannya menegaskan, Pemuda adalah kekuatan sebuah bangsa. Di mana peran pemuda di era sebelum dan sesudah Kemerdekaan Indonesia, sudah terbukti mampu berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara.

Menurutnya, memang tidak dapat dinafikkan peran pemuda dalam kehidupan bernegara terutama dalam perubahan yang telah mereka hasilkan dalam setiap zaman.

“Di mana persatuan dan kesatuan para pemuda yang dikenal dengan Sumpah Pemudanya, kemudian lahir seperti Bung Tomo yang tampil dan mampu memimpin para pemuda untuk melawan penjajah dalam mempertahankan kemerdekaan,” ujarnya.

Pakde Bas juga berharap kepada para pemuda di era sekarang ini, supaya mau belajar dari perjuangan para pemuda pendahulu.

“Tentu pemuda masa lalu berbeda dengan generasi sekarang. Kalau dulu para pemuda berjuang demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia, sedangkan generasi era 5.0 ini dituntut mampu melengkapi kemampuan ilmu dan teknologi. Sehingga perkembangan yang begitu cepat ini, bisa berbuat untuk kemajuan bangsa dan negara,” harapnya.

Diungkapkan oleh Pakde Bas, pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional.

“Sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa datang. Sebagai calon generasi penerus yang akan menggantikan generasi sebelumnya,” ungkapnya.

Sehingga pemuda harus bisa mengisi pembangunan yang ada. Baik dari segi ideologi, politik, sosial, budaya, maupun keamanan, untuk kebangkitan nasional, kemerdekaan, revolusi, sampai reformasi.

“Saya tegaskan, sudah seharusnya bagi pemuda serasa tidak ada kekolotan dalam kehidupan bernegara dan berpolitik. Karena merekalah yang akan meneruskan estafet kepemimpinan bangsa dan negara. Dalam sejarah peradaban bangsa, pemuda merupakan aset bangsa yang sangat mahal dan tak ternilai harganya,” imbuh Pakde Bas.

Sementara Ketua DPD KNPI Kabupaten Kendal, Parno berharap, pemuda bukan hanya jadi harapan bangsa saja. Tapi harus mampu menjadi pelopor dan penggerak.

“Karena dengan menjadi pelopor maupun penggerak, pemuda mempunyai harapan apa yang menjadi cita-cita bangsa dan negara. Sehingga harus diaktualisasi dengan perkembangan zaman,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Parno, KNPI sebagai wadah untuk bersinergi dengan pemerintah, harus mampu memberikan semangat dan dorongan kuat bagi masyarakat, khususnya di kawasan pedesaan, sehingga kemajuan daerah akan berlangsung cepat seiring dengan peran masyarakat di dalamnya.

Kehadiran pemuda pelopor dan penggerak pembangunan di wilayah pedesaan sangat dinantikan, karena wilayah pedesaan memang memerlukan percepatan pembangunan melalui berbagai inovasi dan strategi yang disesuaikan kondisi setempat.

“Menjadi pemuda pelopor itu kita harus mampu melakukan pengendalian diri sendiri. Ini yang paling penting. Menjadi pelopor di tengah masyarakat itu ya di semua sektor pembangunan, apa saja. Bagaimana cara kita untuk membangkitkan semangat masyarakat untuk giat membangun desa,” ungkap Parno.

Salah seorang peserta Iwan dari Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI Plantungan berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten Kendal untuk bisa membuat program kepemudaan sampai di tingkat kecamatan dan pedesaan.(HS)

Kemiskinan di Jateng Mengalami Penurunan Terbesar Nasional, Ini Jurus Pemprov Jateng

Serapan Anggaran Pemkab Kendal Masih Rendah