Di Tengah Pandemi, Masjid Agung Kendal Tetap Selenggarakan Salat Jumat Berjamaah

Takmir Masjid Agung Kendal memakaikan masker kepada para jamaah, Jumat (14/8/2020).

 

HALO KENDAL –  Takmir Masjid Agung bersama OPD Kabupaten Kendal melaksanakan protokol kesehatan kepada para jamaah Salat Jumat di Masjid Agung Kendal, Jumat (14/8/2020).

Satu persatu jemaah dicek suhu tubuh, dan bagi yang tidak bermasker diberi masker oleh petugas dibantu dari pihak kepolisian, TNI, Satpol PP dan PMI.

Pengurus Takmir Masjid Agung Kendal, KH Asroi Thohir mengatakan, pihaknya memang memberlakukan protokol kesehatan ketat untuk menghindari penularan corona. Cek suhu badan dengan menggunakan thermometer digital kepada para jamaah, sebagai satu upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19.

“Kami sangat mendukung dan nyengkuyung kegiatan menekan penularan wabah ini. Oleh karena itu kami mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah,” jelas KH Asroi, yang juga sebagai Ketua MUI Kendal.

Salat Jumat dipimpin oleh KH Makmun Amin, sedangkan bertindak sebagai Khotib, KH Ubaidilah. Sementara dari pantauan, di dalam masjid shaf jamaah duduk rapih, masih-masing shaf dan antarjamaah berjejer diberi jarak 1 meter.

Dalam khotbahnya, KH Ubaidilah yang juga sebagai ketua Bazasnas Kendal mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Karena sampai saat ini belum ditemukan vaksin atau penangkal virus tersebut.

“Di hari ulang tahun kemerdekaan ini, mari kita sama-sama berjuang dan berdoa, agar Kabupaten Kendal bisa lepas dari wabah corona ini,” ungkap Ubaidilah.

Sementara itu, usai Salat Jumat, Tim Gugus Tugas Penanganan dan Penanggulangan Pandemi Virus Covid-19 Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf Ahmadi mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan berterima ksih atas inisiasi yang dilakukan oleh Takmir Masjid Agung Kendal.

Takmir Masjid Agung Kendal menurutnya juga senantiasa mengingatkan dan menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadah kepada para jemaah.

“Takmir juga menyediakan sarana cuci tangan, melaksanaan cek suhu, skema jaga jarak serta pendisiplinan dan pembagian masker,” kata Wahyu yang juga sebagai Kadisdikbud Kendal.

Menurutnya, kegiatan hari ini sebagai bentuk kerja sama yang baik dari semua pihak dalam mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Kendal.

“Ini bentuk gotong royong semua pihak. Sehingga dengan kebersamaan ini, sangat menentukan efektivitas pencegahan dan penanganan Covid-19,” pungkas Wahyu.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.